Training sales – WAKTU YANG TEPAT UNTUK TELPON CUSTOMER BARU

Apakah anda selama ini mengalami kesulitan ketika menelpon prospek? Atau selalu dalam kondisi waktu yang kurang tepat? Saya selama ini mengamati the best time untuk menelepon. Menurut pengamatan saya dan praktik saya waktu yang tepat untuk menelepon prospek adalah pagi sekitar jam 8-10 dan sore sekitar jam 16-17. Karena itu adalah waktu dimana mereka dalam kondisi belum terlalu sibuk. Apakah pengamatan saya benar? Tapi itu yang sering saya bagikan saat training sales ( pelatihan sales ) yang saya adakan. Apakah ada riset tertentu yang menyatakan hal itu? Dulu tidak, itu hanya berdasarkan pengalaman saya.

Tetapi akhirnya saya menemukan artikel yang menarik dan ternyata ada riset yang mirip dengan yang aaya alami. Saya sharingkan kepada anda. Bahwa Ada sebuah studi dari MIT yang menganalisa dari ribuan sales call kepada industri B2B kapan waktu yang tepat untuk menelpon dan lebih mudah dalam menerima telpon. Ternyata studi mereka mengatakan diantara jam 4 hingga jam 6 sore adalah waktu yang optimum untuk melalukan telepon untuk memprospek customer.

Kenapa dianggap waktu yang tepat, karena pada saat itu adalah waktu dimana pikiran mereka sudah bersiap untuk pulang dan ini menguntungkan anda. Dimana menelepon pada waktu jam 4-6 sore lebih efektif 114 persen dlbandingkan menelpon jam 11 sampai menjelang sore. Bahkan jam 1 hingga jam 2 siang adalah waktu terburuk karena mereka sudah sangat sibuk dengan pekerjaan mereka. Apalagi setelah balik makan siang, kesibukannya menjadi lebih dobel.

Waktu telepon jam 8 hingga jam 10 pagi juga adalah waktu terbaik dimana orang-orang belum terlalu sibuk terjebak dalam rutinitas yang mereka lakukan. Sehingga mereka lebih terbuka untuk hal-hal yang baru.

Dan pengalaman saya yang juga saya bagikan dalam kelas training sales ( pelatihan sales ) bahwa senin bukan waktu yang tepat untuk menelpon sedangkan hari lain menurut saya adalah waktu tepat. Ternyata riset MIT mengatakan bahwa rabu dan kamis adalah waktu yang lebih tepat untuk menelepon dan hasilnya akan sangat efektif 50 persen dibandingkan selasa. Mereka mengatakan selasa adalah hari paling buruk. Mungkin karena mereka masih dalam kesibukan yang lagi tinggi-tingginya. Dan apakah hasil riset mereka berlaku untuk semua industri? Menurut MIT, belum tentu dan disarankan untuk melakukan riset sendiri dan membandingkannya. Tapi menurut pendapat saya pribadi dan diindustri dulu saya bekerja, riset ini sepertinya cukup valid. Bahkan dibisnis training khususnya training sales dan training negosiasi yang team saya lakukan sepertinya hasil riset ini mendekati kebenaran. Dan saran saya yang terbaik, coba anda lakukan riset dan buktikan sendiri apakah hasil ini akurat atau tidak. Silahkan anda share dengan saya menurut pengalaman anda.

Bagi anda yang mengalami kesulitan untuk berbicara atau menelpon prospek pertama kali dan agar mereka mau mendengarkan anda, saya akan sharingkan pengalaman saya selama ini sebagai penjual di tulisan saya yang lain.

Salam performance!

Oleh Antonius Arif

 

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 2 =