Training Sales Marketing | Tenaga Penjual Anda Tidak Berkembang

Semangat pagi, Training Sales Marketing pagi ini akan membuka kenapa tenaga sales anda yang baru direkrut dan tidak berhasil anda kembangkan bahkan banyak yang akhirnya terpaksa kita PHK atau mereka mengundurkan diri. Tips ini membantu para Sales Manager dalam mengembangkan teamnya agar menjadi team super.

Kegagalan para Leader disales industri adalah karena mereka tidak melakukan pelatihan yang tepat guna dan juga melakukan coaching kepada tenaga penjualnya. Dan dibeberapa industri juga mempunyai persepsi yang salah bahwa melakukan coaching artinya di sidang atau ada yang bicara bahwa di keramas otaknya hahahaha. Makanya banyak tenaga sales selalu merasa tidak nyaman bila mendengar istilah di coaching. Idealnya setiap tenaga penjual yang  masuk harus di training / pelatihan dahulu untuk bisa jago dalam bidangnya. Training dan pelatihannya tidak bisa hanya menguasai produk saja tetapi juga training / pelatihan berkaitan dengan keahlian. Dan banyak perusahaan yang membuat training / pelatihan selling sebagai refreshment training saja. Itu juga tidak salah dan itu juga bisa digunakan. Bahkan menurut Brian Tracy salah satu pakar Business mengatakan banyak perusahaan memberikan training / pelatihan 7 hari sampai 1 bulan untuk membuat team sales tersebut bagus dalam berjualan.

Yuk kita diskusi lebih dalam. Kira - kira apa sih tujuan memberikan training / pelatihan sales dan marketing kepada team? Biasanya selain ada alasan refreshing, saya juga menanyakan apakah target perusahaan bisa tercapai selama ini? Bila berat maka apa yang harus dilakukan? Saya akan mengecek tentang kemampuan Sales Managementnya. Apakah berjalan dengan baik atau tidak. Khusus bagian sales management akan saya bahas dalam topik - topik ke depan. Bila hal tersebut sudah dipahami, lalu saya masuk ke personal tenaga penjual. Apa lagi yang akan saya cek :

Saya akan identifikasikan kemampuan kompetensi menjualnya disetiap level sales cycle.

Anggaplah sales cycle tahap pertama pitching. Tahap pitching terdiri dari apa saja? Kemampuan mengumpulkan database, kemampuan melakukan riset kebutuhan customer yang dituju, kemampuan cold calling. Dan sebagainya

Bila sudah di pretelin satu persatu kemampuan mereka lalu saya akan berikan training dan pelatihan sales dan marketing yang sesuai dengan problem yang mereka hadapi

Setelah itu saya evaluasi kemampuan mereka apakah meningkat atau tidak? Bila tidak meningkat maka saya akan drill lagi dibagian yang masih kurang tersebut.

Lakukan coaching untuk penerapan materinyang diajarkan. Karena ada penelitian dari ES Research 80- 90 persen training - training dan pelatihan tidak lagi berdampak setelah 120 hari. Jadi sudah tidak jalan lagi prosesnya. Dan saya akan bahas khusus ke depan.

Kegagalan melakukan hal diatas biasanya para sales manager yang tidak dilatih khusus dan tidak mempunyai kemampuan mengajar dan bukan sekedar mengajar tetapi tepat mengidentifikasikan masalah sampai eksekusi terakhir maka akan menentukan hasilnya. Karena laporan ASTD tahun 2000 hanya 3 persen training - training yang diberikan perusahaan yang bisa meningkatkan target perusahaan walau 90 persen mereka menyukai trainer dan materi yang diajarkan. Jadi saya hanya mengatakan seorang manager harus mempunyai kemampuan mengajar ke team sales dan marketingnya dan juga harus mempunyai kemampuan coaching yang tepat. Bagaimana dengan anda? Sudahlah melengkapi kemampuan itu?

Tulisan saya untuk Training / pelatihan Sales Marketing cukup dulu sampai sini dan kita akan bahas topik lain ke depan

Salam performance

"Your Achievement is Our Mission"

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna - 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + one =