Training Sales Marketing : Science Selling bagian 1

Semangat pagi, hari ini training sales marketing kita akan membicarakan tentang science selling dan akan dibagi beberapa tulisan ke depan. Dan pendekatan yang digunakan adalah NLP, Psikologi, Behavior Psychology dan lain sebagainya. Sudah siap untuk men training sales marketing diri anda ? Yuk kita mulai

Setiap ada permintaan dari prospek, follow up harus kurang dari 5 menit. Prospek bila tertarik kepada sesuatu dan harus segera di closingkan. Semakin lama mereka menunggu maka semakin turun level ketertarikan mereka. Bila anda masih ingat tulisan yang saya buat, bahwa keputusan membeli karena faktor emosional bukan logika. Bila anda tidak sesegera mungkin mengeksekusi maka akan semakin turun keinginannya. Penelitian ini dari Lead Response Management yang menemukan jika anda merespon kurang dari 5 menit maka keberhasilannya akanencapai 100x  dan 21x lebih menyukai anda dan akan mengabaikan sales yang lain.

Menelpon 6 kali. Ada penelitian yang menarik dari Velocify yang melakukan penelitian jika anda menelpon prospek dan tidak diangkat maka anda harus menelpon sebanyak 6 kali dan tingkat keberhasilan diangkat akan lebih tinggi bisa mencapai 93%. Kebanyakan sales sudah menyerah pada saat setelah menelpon yang pertama kali. Bahkan 50% sales tidak akan menelpon untuk yang kedua kali. Yuk terus telpon prospek yang sama paling tidak 6-7 kali.

Kirim email dahulu baru telpon. Menurut penelitian dari Velocify bahwa orang yang menerima email diawal sebelum menelpon ada kemungkinan 16% lebih mudah ditelpon dan dikontak. Bagaimana bila mengirimkan email banyak – banyak dahulu apakah akan membuat lebih mudah dikontak? Ternyata tidak. Bila anda mengirimkan 5 email sebelum mengkontak ternyata membuat kesempatan anda turun 36 persen dibandingkan orang yang anda kirim email pertama kali.

Kapan waktu yang tepat untuk menelpon. Banyak sales yang bingung kapan waktu yang tepat untuk menelpon. Apakah pagi atau siang? Seperti yang kita tahu waktu yang tepat untuk menelpon adalah waktu kondisi mood mereka lagi bagus. Disana pasti segala percakapan kita lebih didengarkan, setuju? Menurut penelitian waktu yang tepat untuk ditelpon adalah antara jam 8-9 pagi serta jam 4-5 sore. Ini juga saya rasakan saat menjadi sales sehingga tingkat konversi saya bisa tinggi.

Strategy kontak telpon dan email hingga closing. Masih penelitian velocify bahwa kombinasi antara telpon dan email adalah strategi yang tepat untuk mengkonversi kemungkinan prospek hingga closing 128%. Yaitu anda mengirimkan email hal yang bisa menarik dirinya dan lalu telpon. Kemudian menawarkan. Setelah itu anda email lagi promosi yang sesuai kebutuhan mereka atau pendekatan yang berbeda lalu anda telpon lagi kurang lebih 2x maka kemungkinan closing akan tinggi.

Telpon Rabu dan kami. Menurut penelitian telpon yang paling bagus bukanlah dihari senin dan selasa. Menurut penelitian waktu yang bagus untuk menelpon adalah rabu dan kamis. Jadi anda bisa atur pertemuan dihari selain rabu dan kamis.

Pembukaan saat percakapan. Kadang orang bingung apa yang harus dibicarakan saat awal telpon? Sangat direkomendasikan anda tanya kabarnya mereka dengan tulus dan saat anda menelpon pastikan anda tersenyum. Kalau habis masa liburan, bisa tanya bagaimana liburannya?

Jangan bicara negatif tentang competitor. Menurut penelitian psikologi jika anda bicara negatif tentang kompetitor maka state negatif tersebut akan terbawa atau tertransfer ke produk anda. Dan saya sudah pernah melihat beberapa kali sales menjelek – jelekan kompetitor walau prospeknya juga duluan yang bicara dan state negatif itu akan terus terbawa ke produk atau jasa yang anda tawarkan. Hati – hati dalam hal ini.

Cukup dulu tulisan saya tentang training sales marketing hari ini dan kita akan lanjutkan tulisannya besok.

Sampai jumpa. Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 − 1 =