Training Sales Marketing : Science of Selling bagian 3

Semangat pagi! Training Sales Marketing sudah memasuki bagian ke 3 dan adalah bagian akhir. Sudah siap untuk mentraining sales marketing mind anda? Untuk yang belum membaca tulisan sebelumnya bisa klik bagian 1 http://antoniusarif.com/training-sales-marketing-science-selling-bagian-1/

Dan bagian 2 http://antoniusarif.com/training-sales-marketing-science-of-selling-bagian-2/

Berikan lebih dari satu pilihan. Dalam sebuah studi dari Daniel Mochon dan telah dipublikasikan di Journal of Consumer research bahwa produk yang mempunyai beberapa pilihan mempunyai pengaruh besar dalam mempengaruhi orang. Penelitian yang cukup terkenal disebuah toko DVD Player. Ketika customer yang mau membeli dan hanya ditawarkan 1 produk saja dan kemungkinan terjual adalah 10% tetapi ketika ditawarkan pilihan lain maka penjualan menjadi meningkat 66%. Ini menunjukkan pembeli menyukai ketika membeli adalah ketika mereka percaya diri kepada keputusannya. Bila satu saja pilihannya maka kepercayaan diri mereka untuk memutuskan tidak setinggi itu. Karena otak bekerja dan menganggap dari semua pilihan yang ada maka mereka memutuskan yang resikonya terkecil.

Matching mirroring works! NLP mengajarkan untuk menjalin hubungan dengan cepat diperlukan teknik Matching dan mirroring. Dimana orang yang berusaha mendekati seseorang melakukan dan meniru gerakan orang yang diajak bicara. Ada satu studi di tahun 2009 dimana ada 60 orang diberi tugas untuk melakukan negosiasi dengan cara mengikuti cara bicara dan mengikuti postur tubuhnya. Dan 67% dari mereka bisa berhasil mendapatkan persetujuan bersama sedangkan orang yang tidak melakukan matching dan mirroring hanya 12,5% saja yang berhasil. Dan tahun 2011 ada studi lagi terhadap 100 customer dimana mereka membeli barang dan sangat suka dengan salesnya serta perusahaannya yang salesnya diminta melakukan matching mirroring customer mereka.

Kepercayaan diri meningkatkan penjualan. Menurut penelitian Carnegie Mellon Research kepercayaan diri dapat meningkatkan pengaruh dalam membangun kepercayaan pembeli dengan cepat. Bahkan bila anda pura – pura percaya diripun akan mempengaruhi otak untuk berlaku lebih positif. Begitu juga penelitian saya pribadi juga menemukan orang yang dalam posisi kejepit akan mempengaruhi tingkat keefektifan penjualan dan ketika mereka bisa mengajak customernya berubah posisi dari duduk ke berdiri maka meningkatkan pengaruh lebih baik dan positif. Cara untuk meningkatkan kepercayaan diri ada 3 yang dianjurkan

Melakukan affirmasi positif setiap hari

Memakai baju yang menunjukan anda orang sukses

Gerakan yang mempunyai kekuatan. Seperti melakukan power pose seperti tangan ditaruh dipinggang dan dada dibusungkan serta kepala anda menatap tegak ke depan atau keatas sedikit.

Senyum meningkatkan kepercayaan Customer. Ada sebuah studi dari Dr Robert Zajonic menganalisa bahwa ketika anda tersenyum dapat meningkatkan darah ke otak dan menurunkan temperatur tubuh dan hasilnya anda akan menjadi lebih nyaman dan meningkatkan kepercayaan diri. Dan customer akan merasa nyaman dengan orang yang banyak senyum karena dipersepsikan orangnya ramah. Dan coba anda buktikan bila melihat seseorang dan anda tersenyum maka orang itu akan tersenyum balik kepada anda. Dan ini meningkatkan kehangatan hubungan dalam penjualan.

Bertindak seperti Dokter. Sebagai manusia kita menyukai berbicara dengan orang yang bertanya dan membuat kita mendapatkan insight. Riset dari Harvard menemukan bahwa orang yang membicarakan tentang dirinya sendiri membuat mereka menjadi lebih rileks dan membuat mereka menjadi semakin nyaman. Makanya kenapa dokter dianggap orang yang dapat dipercaya dan dihargai serta bersahabat. Karena mereka menggunakan teknik bertanya. Begitu juga seorang sales bila bertanya yang membuat “aha” maka dianggap hal yang sama oleh customer

Selesai sudah science of selling kali ini dan training sales marketing kali ini semoga berguna untuk menambah senjata anda dalam berjualan.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + twelve =