Training Sales Marketing : Prospek dalam kondisi STUCK

Semangat pagi berjumpa lagi bersama saya Coach Antonius Arif dalam training Sales Marketing dalam topik prospek dalam kondisi stuck apa yang harus dilakukan?

Apa sih stuck? Stuck adalah kondisi dimana negosiasi dalam penjualan seperti deadlock dan tidak ada solusi atau jalan keluar. Saat saya menjadi penjual saya sering sekali saat bernegosiasi sales sepertinya prospek saya ngotot dalam satu kondisi dan seakan – akan dia ingin beli tapi dia masih mau menawar atau belum puas. Bahkan dalam training sales marketing yang saya adakan, saat saya memberikan kasus dan melakukan role play, saya kadang melihat kondisi negosiasi sales ‘alot’ sekali.  Dan kadang saya bisa melihat bahwa orang tertentu bisa berhasil bernegosiasi dan kadang kondisi lain suka gagal dalam bernegosiasi.

Apa sih yang membuat sebuah negosiasi sales marketing bisa stuck? Penjual dan pembeli sama – sama ngotot atau terlalu fokus kepada harga yang diinginkan. Ini yang membuat menjadi stuck.

Apa saran terbaik untuk keluar dari kondisi stuck?

Dalam NLP ada presuposisi yang mengatakan tubuh dan pikiran jadi satu. Dimana artinya ketika tubuh prospek anda dikursi tertentu sudah terlalu ngotot dengan angka yang diinginkan dan ketika kita bilang tidak bisa tak jarang saya melihat orangnya melipat tangan didepan dengan tubuh sandaran. Dan ini akan membuat semakin deadlock. Cara terbaik adalah saya mengajak orang tersebut untuk merubah posisi atau diajak berdiri atau apapun. Saya ambil contoh : kalau anda penjual rumah maka saya akan mengajak orangnya untuk berdiri dan melihat rumah contoh atau ajak makan siang atau ngopi atau sejenisnya. Intinya saya tidak akan membiarkan dia didalam satu posisi. Biasanya orang tersebut akan lebih santai.

Ketika saya belajar dengan Alex Mandosian pakar guerrilla business serta pakar internet marketing. Dia menyarankan ketika deadlock maka anda ajak ngobrol dalam rangka melakukan pendekatan. Dan saran saya anda bisa ngobrol dengan cara FORD model. Anda bisa baca tulisan saya di http://antoniusarif.com/dapur-training-sales-teknik-pembuka-percakapan-dengan-prospek/

Teknik yang lain adalah saat mulai deadlock maka saya akan berbicara kembali mengenai implication & need payoff dan ini adalah bagian dari SPIN selling yang saya telah sharingkan di tulisan saya sebelumnya dan bagi anda yang belum baca bisa baca di http://antoniusarif.com/training-sales-marketing-sales-yang-bagus-adalah-bertanya-bukan-cerita/

Ketika anda sudah merubah posisi dirinya atau mengalihkan topik maka suasana akan berbeda dan anda bisa mengontrol jalannya negosiasi lagi. Cukup dulu tulisan saya hari ini semoga tulisan saya di training sales marketing bisa menginspirasi anda untuk berhasil men training kemampuan sales marketing anda jadi lebih baik lagi.

Sampai jumpa ditulisan saya lainnya.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *