Training Sales Marketing | Menjual yang tak terbantahkan dengan Konsep AIDA & USP

Semangat pagi, berjumpa lagi bersama saya Coach Antonius Arif dalam tulisan saya training ( pelatihan ) Sales marketing dengan topik menjual tak terbantahkan dengan mengabungkan konsep AIDA dan USP. Sudah baca tulisan tersebut kan? Bila belum saya berikan linknya untuk AIDA silahkan baca http://antoniusarif.com/dapur-training-sales-berjualan-dengan-aida/

untuk USP silahkan baca http://antoniusarif.com/dapur-training-sales-berjualan-dengan-penawaran-yang-tak-dapat-ditolak/

Nah saya akan mengabungkan keduanya biar cara menggunakannya bakal asyik.

ATTENTION, INTEREST & ULTIMATE ADVANTAGE

Masih ingat urutan AIDA? Bila mau berjualan dengan AIDA kata kunci pertama adalah menciptakan Attention dan dilanjutkan dengan interest dan juga dengan USP dimana kata U nya adalah Ultimate Advantage dimana artinya keunggulan multak yang tidak dimiliki oleh tempat lain. Nah saya langsung tunjukan cara mempraktekannya ya. Ini pengalaman yang saya dapatkan dari salah satu lembaga bahasa inggris yang khusus untuk orang sibuk saat mereka menjual kepada saya. Si Sales ketika menjual kepada saya dia menggunakan teknik bertanya yang sebenarnya tidak perlu dijawab dan seperti sebuah statement. Dia menggunakan Yes set conditioning. Dimana dia menyampaikan 3 pernyataan yang jawabannya pasti iya untuk membuka presentasinya dan digabungkan 3 keunggulan yang tak terbantahkan. Saya beri contoh :

“Pak, saya mau menyampaikan kepada bapak apa yang membuat orang tidak bahasa Inggris menurut bapak?” Saya jawab, “ karena tidak ada latihan”

Si sales menjawab,” betul pak. Banyak orang yang tidak bisa bahasa inggris karena sibuk tentang gramar serta structure. Waktu bapak masih kecil, bapak belajar kosakata dan struktur atau langsung ngomong dulu?” Saya jawab, “ ya ngomong dulu” dan dia melanjutkan, “ nah dikami juga sama akan membuat bapak bicara dulu baru dikoreksi dengan tutor yang akan membantu anda.”

Kalimat diatas si sales berhasil men training diri saya dan sudah membuat saya get Attention. Dia ( sales ) sudah membangun keberhasilan awal untuk AIDA lalu dilanjutkan ke interest nya sambil menunjukan ultimate advantage yang mereka punya serta dia sambil membuat skrip untuk melakukan blocking objection dimana fungsi blocking objection mencegah orangnya keberatan dari awal dan langsung kita menjawab solusi dari keberatannya.

INTEREST & SENSATIONAL OFFER

Kemudian si sales melanjutkan “Pak saya tahu anda orang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk bertemu dengan guru atau tutor kan? Dan juga anda mungkin malu kalau dikelas atau training ( pelatihan ) ketemu dengan orang - orang yang junior apalagi orang seperti bapak pasti tidak mau orang tahu kan? (Dan dia sebutkan beberapa nama pejabat terkenal) serta anda tidak sempat mengerjakan yang namanya PR dan sebagainya. ( Yang dilakukan adalah teknik yes set conditioning dan juga sudah menggunakan interest nya AIDA untuk memperkuat) nah kami memberikan solusi untuk bapak dimana bapak bisa menghubungi tutor kami dari jam 8 - 20.30 berapa menitpun bapak bisa. Misal bapak memutuskan untuk belajar ( training online ) dan menelpon hanya 10-15 menit maka kami catat. Dan bapak kami berikan 100 jam untuk menelpon selama 14 bulan. ( Nah ini dia sudah masuk mulai ke sensational offer dari teknik USP Untuk memahami apa maksudnya baca tulisan saya dari link yang saya berikan diatas) serta bapak bisa konsultasi ketemu one on one selama 40 kali selama 25 menit setiap pertemuannya. (Lalu dia mengambil buku materi yang cukup banyak) dan ini buku panduannya” woww cara sales men training pikiran saya sangat luar biasa (satu persatu di tunjukannya dan seingat saya ada 6-8 buku yang diberikan). Dan si sales menaruh daftar harga pelajarannya dalam bentuk karton dilaminating dengan harga 12,5 juta rupiah. Dan si sales terus menjelaskan benefit yang mereka berikan.”harga yang kami berikan adalah 12,5 juta rupiah dan bila bapak mempunyai kartu kredit dari bank a, b, c , d (dia menunjukkan jarinya total ada 13 bank) maka akan mendapat diskon menjadi Rp. 9,750 juta dan bisa dicicil 6 sampai 12 bulan nol persen dan hanya membayar senilai x saja perbulan.” wowww, luar biasa kan cara dia men training pemikiran saya

DESIRE, SENSATIONAL OFFER & POWERFUL PROMISE

Sampai hal diatas menurut saya sudah sensational offer sekali dia berhasil men training pemikiran saya. Dan saya sengaja mereject si sales dengan alasan saya adanya kartu kredit Z yang dimana dia tidak ada kerjasama. Dan dia menjawab, “begini pak, karena bapak bahasa inggrisnya sudah bagus. Bagaimana kalau saya tawarkan kepada anda tidak perlu dari basic. Anda cukup ikut 40 jam saja dan dengan pertemuan one on one setengahnya serta anda cukup membayar Rp. 3,750 juta” wowww, ini sudah sensational offer sekali dari USP. Dan si sales melanjutkan ke powerful promise dari USP dan “nanti setelah belajar 30 jam, bapak ada ujian. Dan bila bapak belum lulus maka bapak boleh terus ikut sampai bapak lulus” woww, ini powerful promise sekali bahkan si sales melanjutkan, “kalau pertemuan one on one nya tidak digunakan maka bapak bisa diconvert menjadi belajar via telpon.” Woww lagi-lagi sensational offer dan powerful promise yang bagus. Dan juga dibagian AIDA sudah menciptakan desire atau membuat hasrat untuk mengikuti tinggi.

ACTION

Dan si sales menutup bagian akhir dengan Action dari bagian AIDA. “Nah pak karena sekarang sudah masuk april maka team tutor kami akan memperkenalkan diri dulu kepada peserta serta kami hanya membatasi 100 orang saja setiap bulannya untuk mencukupi tutornya, maka saya sarankan bapak langsung daftar dan ikuti training ( pelatihan ) bahasa inggris dengan kami. Wowww, permainan AIDA dan USP yang sangat bagus dan ciamik. Dan sekarang tinggal anda yang men training diri anda dan membuat konsep sales dan marketing dengan AIDA dan USP.

Cukup dulu tulisan saya rahasia training - training sales dan marketing dari saya Coach Antonius Arif dan kita akan lanjut ditulisan - tulisan saya ke depan.

"Your Achievement is Our Mission"

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna - 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 4 =