Training Sales Marketing : Kesan Pertama PENTING bagi Sales

Semangat pagi! Saya Coach Antonius Arif kembali hari ini menuliskan dari Training Sales Marketing dengan topik Kesan pertama penting bagi Sales. Dalam pelatihan dan training sales marketing banyak saya temukan para sales yang tidak menjual penampilannya dan bisa membuat orang tidak percaya dengan si sales tersebut. Kenapa penampilan penting? Psikologi manusia adalah suka memberi atau membuat perspesi tertentu diawal pertemuan. Bahkan Jordan Belfort salah satu legenda penjualan yang sempat dibuat filmnya dengan judul the wolf of the wall street yang diperankan oleh Leonardo Di Caprio mengatakan 4 detik dalam penjualan saat bertemu atau menelpon prospek itu penting. Itu kunci keberhasilan diawal.

Saat saya belajar dengan Krish Dhanam, Global Ambassador Zig Ziglar mengatakan bahwa Zig Ziglar selalu menganjurkan walaupun anda memprospek seseorang ditelpon sekalipun, anda wajib menggunakan pakaian yang bagus dan juga mengunakan sepatu. Karena itu akan tercermin dari kepercayaan diri anda saat anda menyampaikan sesuatu ke prospek. Maka disarankan memakai pakaian yang terbaik dan bila perlu menggunakan jas. Wah menarik ya?

Ini yang disarankan oleh Jordan Belfort saat melakukan komunikasi ke prospek selain menggunakan baju yang bagus sebelum menelpon adalah :

Enthusiastic as hell, anda harus tampil dengan nada antusias yang gila – gilaan. Karena semangat itu menular. Maka anda harus menampilkan semangat yang sangat tinggi. Saya ambil contoh : pernah nga ada melihat orang yang sedang menguap dan akhirnya anda ikut menguap? Nah ini menunjukan kalau orang yang bicara dengan kamu tanpa semangat maka andapun akan ketularan ketidaksemangatan orang itu dan juga tentu sebaliknya.

Sharp as a tack, ini artinya tajam seperti memaku. Anda bicara dengan nada yang tegas bukan dengan nada yang cenderung mengambang. Nada tegas akan membuat orang menjadi yakin bahwa orang yang diajak bicara sedang serius.

A figure of authority, anda perlu bersikap seperti orang yang ahli. Orang yang paham atas apa yang dibicarakan. Ketika anda menyampaikan sesuatu maka anda harus menguasai produk, menguasai situasi yang terjadi serta juga berpenampilan seperti orang yang ahli tentunya.

Apa yang anda tampilkan kepada mereka harus membuat diri anda bahwa anda dapat mengontrol diri mereka dan menolong mereka untuk mencapai goal mereka. Anda akan dinilai berdasarkan apa yang anda gunakan dan bagaimana anda membawakan cara percakapan anda. Walaupun anda hanya ditelpon sekalipun, mereka akan menilai anda berdasarkan hal tersebut.

Bahkan saya pernah bertanya dengan Krish Dhanam, bolehkah seorang sales ketika menelpon customer dan dia menggunakan sendal saat berjualan. Dan Krish Dhanam menjawab, “Tidak boleh” karena anda tidak menyiapkan diri jadi pemenang. Ketika anda menyiapkan diri jadi pemenang maka tingkat keberhasilan akan lebih tinggi.

So, apa keputusan anda?

Cukup dulu tulisan saya dari Training Sales Marketing kali ini sampai jumpa ditulisan saya berikutnya.

Salam Performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *