Training Sales Marketing | Karakter Sales Leader yang menciptakan Sales Juara!

 Semangat pagi, training sales & marketing hadir kembali kepada anda dalam topik karakter sales leader yang Bagus dapat menciptakan sales yang juara. Sedangkan sales leader yang biasa menciptakan team yang biasa saja. Saya ingat sekali waktu pertama kali masuk bekerja diperusahaan IT terkenal di indonesia dan juga perusahaan Go Public, selama seminggu saya berada dikantor pusat, saya stres berat. Karena ketika mulai teng jam 8 para product manager, sales manager dan teamnya bekerja gila-gilaan bahkan saya menemukan mereka multi tasking sekali. Satu orang bisa angkat 2 telpon saat bersamaan dan juga sambil melakukan pekerjaan di depan laptop mereka. Ibaratnya para sales itu seperti pialang saham saja bagaikan di film – film bursa saham wall street. Saya benar – benar terpukau dengan cara kerja mereka. Makanya mereka menciptakan sales juara. Dan juga saya pernah bekerja diperusahaan IT lainnya tetapi mereka cenderung lebih santai. Sehingga teamnya pun santai.  Jadi saya benar – benar melihat, sebuah perusahaan bagus dengan karakter pemimpin yang bagus akan menciptakan para sales yang tangguh dan juara. Bahkan ada penelitian di Harvard dimana 69% team sales yang selalu mencapai target tahunan adalah mereka dipimpin oleh sales leader yang diatas rata – rata. Bahkan perusahaan yang berkualitas tinggi juga akan berefek kepada sales leadernya. Dimana 56 persen sales manager yang bagus karena mereka bekerja diperusahaan yang sangat bagus juga. Jadi penelitian Harvard itu mirip dengan tempat saya bekerja diperusahaan IT tersebut. Dimana mereka melakukan interview kepada 1000 sales leader dan diketemukan karakter yang sama dari mereka yang mempunyai performance bagus.


Apa saja karakternya :

Sales leader terbaik adalah mereka didorong dan men training dirinya kepada target dan deadline. Dimana hasil riset top sales leader 19% lebih tinggi di area disiplin diri, 20% lebih tinggi di area success driven dan 27% lebih tinggi di area fokus dibandingkan dengan ya g sales leader yang kurang baik.

Mempunyai insting memberi perintah dengan tegas. Mereka men training dirinya untuk tegas. Dimana teamnya dipaksa untuk selalu bertanggungjawab untuk mencapai hasilnya. 75% sales leader yang bagus kinerjanya selalu mengukur dan memonitor berkaitan target dan pencapaian. Dimana yang bagus dapat hadiah dan yang jelek dapat cambukan.

Mempunyai kemampuan merekrut orang – orang terbaik. High performing sales leader fokus hanya merekrut orang – orang yang bagus dalam berhubungan dengan orang lain, mampu persuasive serta mempunyai kemampuan dan pemahaman tentang siklus penjualan

Mempunyai sales intuisi yang bagus. Karena ilmu sales adalah berdasarkan sistem mentoring yang diterapkan sales leader kepada team sales. Maka sales leader yang dianggap cukup bagus adalah dimana yang rata – rata mereka mencapai 88% ke atas. Dan mereka – merekalah yang bisa menciptakan dan men training sales – sales juara

Berorientasi kontrol pada proses. Sales leader yang juara akan selalu mengontrol dan memonitor selama sales proses untuk mencapai target. 43 persen high performing sales leader selalu memonitor hasilnya. Mereka men training teamnya dengan mengontrol proses secara terus menerus sehingga menjadi sebuah pembiasaan dan menjadi karakter.

Mempunyai kemampuan coaching serta memberikan training yang berorientasi pada kompetensi dan performance. Sales leader yang high performing akan melatih teamnya dan memberikan training yang sesuai dengan problem yang dihadapi. Bukan sekedar memberi motivasi dan ngomel bila under perform.

Team yang efektif. Mereka mempunyai team yang rata – rata per group bisa mencapai 81 persen dari target yang diberikan. Dimana diteam tersebut ibaratnya satu yang bagus akan menular pencapaiannya ke yang lain. Dimana sales leader sangat bagus dalam melakukan training dan coaching.

Mempunyai kemampuan strategik leadership. Dimana ketika melakukan perencanaan akan disusun dengan baik sehingga bukan sekedar jualan saja. Tapi mempunyai kemampuan menentukan mau menjual kemana dan ke siapa serta caranya bagaimana. Mereka mentl training diri untuk selalu melihat ke depan dan visioner.

Mempunyai kemampuan membuat team selalu mau menjadi juara. Dan itu yang terlihat kepada organisasi yang berhasil menciptakan juara dan akan selalu menciptakan juara. Sang juara akan men training dan menciptakan juara juga.

Bagaimana anda mau menjadi juara? Miliki karakter pemimpin yang juara serta mau melatih, mentraining, mengcoaching sehingga berhasil menciptakan juara.

Sampai disini dulu tulisan training sales & marketing untuk menciptakan para sales yang juara. Sampai jumpa ditulisan saya berikutnya.

Salam performance

Your achievement is our mission

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =