Training Sales Marketing : Cara Efektif untuk Cold Call

Semangat pagi, training sales marketing pagi ini membahas Topik cara efektif untuk sales cold call. Teknik ini khusus bagaimana caranya menelpon calon prospek. Teknik ini saya dapatkan dari ide pakar Sales Brian Tracy dan juga Jordan Belfort yang sangat fenomenal yang kisah hidupnya dibuatkan film the wolf of the wall street yang dimainkan oleh Leonardo di caprio. Ide-ide darinya cukup menarik dan sangat layak digunakan karena ide kelas dunia.

Power of 100

Yuk kita mulai, kebanyakan para sales mengalami problem dengan menelpon customer karena banyak persepsi dan ketakutan yang dimilikinya. Salah satu tips yang sangat direkomendasikan oleh Brian Tracy adalah teknik the power of 100. Dimana seseorang sales wajib mentraining dirinya menelpon customer sebanyak 100 kali dan secepat – cepatnya menghabiskan jatah 100 dahulu. Tidak usah peduli hasilnya bagus atau tidak maka mental akan terbentuk setelah Menelpon 100 customer. Seandainya anda menelpon 1 hari 10 orang terjawab maka anda membutuhkan 10 hari kerja untuk menyelesaikannya. Ini adalah melatih mental untuk menelpon sebanyak itu sehingga sesudah melewati itu akan lebih mudah.

Nah tips yang sangat baik dan berguna untuk menelpon prospek saya kupas dari 2 pakar yang saya tulis diatas

Siapkan diri dan mental anda bahwa anda adalah orang yang bisa dipercaya serta seorang yang layak didengarkan olehnya. Ketika menelpon orang yang dikenal maupun tidak dikenal, anda harus mempersiapkan diri sebagai orang yang dapat dipercaya dan layak didengarkan. Biasanya orang yang layak didengarkan bila dia menunjukan bahwa dirinya adalah orang yang berkualifikasi tinggi atau bertindak seolah – olah anda adalah orang yang mengerti apa yang anda bicarakan. Training diri anda berkaitan 2 hal tersebut. Coba anda berlatih dengan teman anda dan apakah teman anda merasa anda adalah orang yang layak dipercaya? Training diri anda sampai mempunyai kemampuan sales yang bagus. Saya perhatikan kadang seseorang yang menjadi sales suka tidak sabar dan terburu – buru berjualan. Tugas anda adalah menunjukkan bahwa pengalaman serta punya pengetahuan yang luas. Misal : kalau anda jual properti untuk tempat tinggal. Pahami bukan sekedar tentang properti saja Tetapi tentang rumah yang sehat seperti apa. Bila anda jual berkaitan investasi, anda harus paham instrumen investasi dan pertumbuhannya. Sehingga bila diajak bicara anda memahami dengan baik. Saya ambil contoh lagi, saya dahulu banyak sekali mengajar para Psikolog untuk kelas terapi dan kenapa mereka mau mendengarkan saya? Karena saya mempunyai pengetahuan yang luas mengenai dunia pikiran manusia. Dan begitu juga belum lama ini saya mengajar diteman – teman HRD, saya juga harus mempunyai pengetahuan yang luas tentang HRD sehingga orang bisa menyukai kita. Bila anda memahami dengan baik walau ditelpon maka orang bisa merasakan bedanya.

Suara anda harus terdengar antusias. Ketika menelpon anda harus menunjukkan sebagai orang yang antusias. Karena orang yang antusias dianggap sebagai orang yang layak dipercaya. Dan orang tersebut dianggap mengerti tentang produknya tersebut berguna untuk orang yang akan membeli. Ini persepsi yang timbul dari prospek yang mendengarkan. Training diri anda setiap bicara antusias dan semangat. Biasa yang saya lakukan, saya membayangkan atau mengimajinasikan menjadi seseorang tertentu dan itu membantu saya ketika bercakap – cakap jadi semangat.

Fokus kepada bertanya tentang klien bukan menjelaskan tentang perusahaan anda. Saya ingat waktu awal karir menjadi penjual, saya memulai percakapan dengan menjelaskan panjang lebar tentang perusahaan saya. Dan kebanyakan orang – orang tidak peduli karena kami adalah perusahaan baru. Jadi malah muncul persepsi perusahaan yang tidak berpengalaman. Akhirnya saya men training diri saya dengan merubah pendekatan. Saya banyak bertanya tentang kondisi perusahaan dan kondisi dirinya dan apa impian dia. Dengan begitu, saya lebih mudah bertanya kepada orang tersebut berkaitan apa impian mereka dan apa yang mau diraih.

Persiapkan pertanyaan dari awal. Banyak sales yang tidak membuat rencana percakapan. Buat saya pribadi rencana percakapan itu penting. Karena itu membantu saya untuk mengarahkan diri saya mau bertanya kemana. Brian Tracy serta Jordan Belfort serta pakar dunia dibidang penjualan semua menyarankan hal yang sama. Dengan membuat planning akan memudahkan percakapan dan silahkan anda training diri sales anda untuk hal ini. Saya bagikan 3 pertanyaan yang bisa membantu anda yang saya ambil dari Brian Tracy

Jika anda bisa menghilangkan 3 problem terbesar pada bisnis anda, apa kira – kira hal tersebut?

Jika anda dapat membuat situasi yang ideal untuk bisnis anda, apa yang akan anda rubah?

Saya mau membuat janji meeting dengan anda secara pribadi untuk membahas kebutuhan bisnis anda dan bagaimana produk atau jasa kami dapat membantu anda. Bagaimana bila hari rabu jam 2 siang?

Buat klien anda rileks. Ketika berbicara dengan klien anda, anda harus membuat klien anda rileks dan semakin mereka terbuka. Nah rileks itu baru terjadi kalau anda berbicara dengan semangat dan suaranya bersahabat. Saran saya ketika berbicara training diri sales anda dengan tersenyum dan nada riang. Ini sangat membantu prosesnya.

Fokus kepada benefit yang menjawab sesuai kebutuhannya. Pastikan ketika menelpon anda harus fokus kepada benefit yang anda tawarkan. Dan benefit satu profesi dengan profesi lain berbeda – beda. Sesuaikan benefit dengan orang yang anda sedang telpon. Saran saya training diri sales anda dengan cara menuliskan profesi yang anda hendak telpon dan buat benefit sesuai dengan prospek tersebut.

Cukup dulu tulisan saya kali ini di training sales marketing dan sampai jumpa ditulisan saya lainnya.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × three =