Training Sales Marketing : 6 tipe Customer dan bagaimana mengatasinya

Semangat pagi, berjumpa lagi bersama saya dalam training sales marketing. Dan topik kali ini membahas tentang 6 tipe customer dan bagaimana mengatasinya. Sudah siap di training – training sales marketing hari ini?
 
 
Apa saja 6 tipe customer
 
Driver, tipe ini adalah tipe orang yang bila bicara langsung to the point. Dia tipe orang yang men training  dirinya untuk selalu langsung. Dia menyelesaikan masalah secara langsung, aktif dan mengatakan apa adanya. Orangnya berorientasi pada hasil dan selalu ingin menang. Orangnya cenderung nge push dan sepertinya agak sombong dan seakan – akan tidak rendah hati. Orangnya sangat penuntut dan ingin orang mengikuti maunya atau jalannya dia dengan waktu yang diatur olehnya. Jika anda mau berjualan dengan dia, maka anda harus to the point juga dan mau mengambil resiko untuk membuat orang tersebut tercapai tujuannya. Jangan khawatir dengan konflik yang muncul karena itu tidak menganggu dia bahkan mereka cenderung senang akan hal tersebut. Dan keputusannya senang bahwa dia yang memutuskan bukan berdasarkan konsensus bersama. Maka sales haruslah to the point. Ketika buat janji harus dipenuhi sesuai apa yang dikatakan.
 
Konsensus adalah orang yang berseberangan dengan driver. Tipe konsensus men training dirinya untuk setiap memecahkan masalah harus bersama – sama. Melibatkan orang lain. Oranfnya adalah rendah hati, melibatkan orang lain, diplomatis dan mudah beradaptasi. Mereka tipe orang yang merespek anda dan menghargai orang lain. Jika anda menjual kepada orang seperti tipe ini, konsensus itu penting libatkan orang lain dalam teamnya untuk bekerjasama yang bisa mempengaruhi keputusan untuk membeli. Mereka senang diajak diskusi dan tukar pikiran khususnya untuk menemukan apa yang mereka butuhkan dengan pertanyaan. Mereka baru akan membeli setelah mereka siap bukan hanya sendiri termasuk juga dengan orang lain diteam mereka. Dan keputusan adalah keputusan bersama atau konsensus. Sales haruslah melakukan pendekatan secara konsensus.
 
Teman adalah tipe orang yang bersahabat serta interaktif. Dia mentraining dirinya untuk berhubungan baik dengan orang lain. Sangat sosial oriented dan keterhubungan dengannya adalah hal penting untuknya. Orangnya antusias, problem solver, team player dan tipe pembangun hubungan. Dia menyukai gambaran besar dan orangnya tidaklah pemalu saat terjadi percakapan. Dia senang ditanya dan senang pula menjawabnya. Tipe ini tidak terlalu suka teknikal detail. Yang penting dengarkan ide mereka, biarkan mereka berbagi keantusiasan mereka. Kadang suka berbicara mencampurkan bisnis dan personal secara bersamaan. Kalau anda bicara tentang kenyataan dan dia bisa berpersepsi berbeda dianggap malah melemahkan mentalnya. Jadi berhati – hati mengungkapkan kenyataan. Sales harus bertindak seperti teman.
 
Penjaga. Orang ini adalah kebalikan dari tipe teman dan orangnya tipe tukang kritik. Sebenarnya tujuan dia baik. Dia hanya orang yang skeptis terhadap yang ditawarkan. Jadi agar benar – benar yang ditawarkan adalah tepat. Tipe ini men training dirinya tidak cepat percaya orang tetapi sekali dia sudah percaya maka akan lebih mudah. Memang butuh waktu dan usaha lebih keras untuk mendekati dirinya. Orang tipe ini sangat tidak suka berbicara melalui telpon. Lucunya lebih nyaman via email. Disarankan jangan terlalu cepat dimasukan ke dalam hati tindakannya serta terlalu terburu – buru mau bersahabat dengannya. Dan pastikan selalu bahwa kebutuhannya harus terpenuhi jangan sekedar jualan saja. Kalau tidak dia akan memblock kerjasama dengan anda. Sales harus memuji mereka bahwa orang tersebut adalah penjaga yang baik sehingga orang tersebut terbuka dengan anda.
 
Analisa adalah tipe customer yang selalu mengukur keberhasilan dia tergantung dari masa lalunya. Buat dirinya semakin banyak data maka semakin masuk akal buat dia khususnya dalam menganalisa. Tipe customer seperti ini men training dirinya sebagai seorang yang menganalisa sebelum memutuskan. Mereka tipe orang yang selalu mengikuti peraturan, prosedur dan memiliki standar – standar tertentu dalam bekerja. Mereka tipe orang yang selalu bisa menyelesaikan masalah karena mereka melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda. Jika anda jualan dengannya maka anda harus menyiapkan data untuk membantu memutuskan.semua hal haruslah detail. Dan biarkan dirinya menganalisa sejenak sehingga saat memutuskan nanti benar – benar sudah sesuai dengan kebutuhannya. Sales harus menyediakan seluruh data yang dibutuhkan.
 
Future oriented. Ini adalah tipe kebalikan dari analisa. Customer tipe seperti ini mentraining dirinya untuk tidak peduli dengan peraturan, prosedur. Dirinya mempercayai kesuksesan masa lalu belum tentu akan membawa sukses dimasa depan. Mereka menyelesaikan problem dengan secara kreatif. Cara menjual yang baik dengan tipe ini ajak diskusi dan biarkan mereka menemui ide untuk menjawab masalah yang mereka hadapi. Mereka juga tipe orang yang tidak suka detail. Lebih baik anda mendemokan bahwa hal itu berguna buat anda maka dia akan bisa mendapatkan ide dari hal tersebut. Sales harus mengunakan teknik bertanya sehingga dia bisa muncul ide. Dan pujilah dia bila muncul sebuah ide.
 
Dan tulisan saya cukup dulu sampai sini dan selamat mengeksplore customer anda dan semoga ilmu training sales marketing berguna buat anda.
 
 
Salam performance
 
 
“Your achievement is our Mission”
Oleh  :  Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eight =