Sales Motivasi : Kok bicara “Jangan” atau “tidak” eh malah beli

Semangat pagi, Dapur Pelatihan Sales dan Sales Motivasi akan membuka rahasia yang sering saya sharingkan dikelas Pelatihan Sales dan Negosiasi yaitu kata “jangan” dan “tidak.” Banyak orang takut menggunakan kata-kata negasi (negatif) dalam percakapan khususnya saat melakukan penjualan. Bahkan orang yang tidak mengerti dengan efeknya kata jangan dan tidak bakal merasa anda aneh ketika anda sebagai sales dan mengatakan hal itu. Seperti tidak niat jualan hahaha.

Mungkin anda sudah pernah mendengar bila seseorang mengatakan jangan atau tidak kepada anaknya maka itu akan me motivasi dia untuk melakukan hal itu. Contoh: jangan loncat-loncat maka kata jangan akan me motivasi dia untuk loncat-loncat. Wah menarik kan? Coba anda baca tulisan saya “jangan pikirkan Gajah berwarna pink” apa yang terjadi? Kata jangan akan me motivasi anda untuk memikirkan hal tersebutkan? Bagaimana kata jangan atau tidak dipakai dalam konteks anda sebagai seorang sales. Saya yakin bermanfaatkan karena akan me motivasi calon pembeli malah memikirkannya.

Dalam pelatihan sales saya yang berjudul consultative selling, malah saya menganjurkan untuk menggunakan negasi (menggunakan kata jangan dan tidak) dalam konteks anda sebagai sales karena kesannya tidak push selling tetapi soft selling. Dijaman Now, sales bila menjual dengan push (paksa) sudah bukan era nya lagi. Bahkan ada beberapa perbankan yang meminta saya mengajarkan mereka teknik soft selling.

Pernah ketika saya menjadi seorang sales dan saya menjual printer large format disebuah pameran komputer. Waktu itu ada seorang pengunjung yang datang dan mau membeli printer large format untuk bisnis fotografinya. Setelah team saya menjelaskan manfaat produk itu untuk bisnisnya, saya bantu untuk mengclosingkan penjualan. Waktu itu saya berkata kepada bapak itu, “pak, jangan buru-buru beli printer ini pak, walau bapak tahu ini bisa bantu bisnis bapak. Saya sarankan bapak lihat-lihat merk lain dan silahkan dibandingkan.” Orang itu malah bingung dan berkata “wah baru kali ini ada seorang sales yang malah tidak minta orangnya buru-buru beli eh malah diminta untuk lihat produk lain.” Dan saya hanya ketawa dan mengatakan “kalau produk ini memang pas dihati bapak dan bisa tingkatkan bisnis bapak, nanti bapak juga akan segera putuskan yang terbaik, betulkan pak?” Dia tersenyum. Singkat cerita akhirnya bapak itu malah membeli dari saya. Waktu ketika saya bilang jangan buru-buru beli printer ini, maka dikepala prospek akan muncul buru-buru beli. Karena kata jangan akan dibypass oleh pikirannya.

Nah sekarang saya bagikan anda hypnotic language pattern yang jisa anda gunakan diri anda sebagai seorang sales atau seorang pemimpin. Teknik ini banyak saya bagikan dalam pelatihan – pelatihan yang saya adakan. Kuncinya adalah gunakan kata negasi lalu dilanjutkan dengan perintah untuk orang yang mendengar melakukan sesuatu sesuai dengan yang anda harapkan dengan harapan mereka ter motivasi untuk melakukan sebaliknya dari kata-kata yang anda gunakan.

Ini beberapa contoh Hypnotic Language Pattern Negasi atau dikenal dalam dunia NLP sebagai Negative Command.

Saya tidak akan beritahukan anda untuk BELI mobil ini. Itu keputusan anda

Saya tidak akan beritahukan anda untuk INVESTASIKAN uang anda disini, anda perlu untuk pahami kelebihannya sendiri.

Anda tidak harus untuk INVESTASIKAN waktu anda, anda yang harus temukan manfaatnya.

Saya tidak tahu jika anda sudah merasa untuk PUTUSKAN sekarang karena bisa saja anda akan kehilangan peluang.

Inilah rahasia dapur pelatihan sales dan sales motivasi yang saya bagikan untuk anda. Selamat berlatih dan menggunakannya.

Salam Performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *