Sales Motivasi Inspirasi : Prospek mengatakan “Tidak” dan bagaimana merubah menjadi “Iya”

Halo semangat pagi! Dapur Pelatihan sales ( training sales ) dan sales motivasi akan membuka bagaimana caranya agar orang yang mengatakan “tidak” kita rubah menjadi “iya” menarikkan? Sebelum lebih dalam saya akan membuka penelitian yang menarik bahwa bila anda menjual dan ditolak 6 kali oleh orang yang sama maka tingkat closing masih besar yaitu 60 persen. Tapi ingat, bukan dengan cara yang sama. Dengan cara yang berbeda. Pelajarilah setiap penolakan prospek penyebabnya apa. Teknik sales benar akan membawa hasil benar.

Karena ada 5 tipe penolakan menurut Zig Ziglar, yaitu tidak butuh, tidak ada uang, tidak mendesak, tidak tertarik, tidak percaya. Kita bahas satu persatu berdasarkan pengalaman saya selama menjadi seorang sales dan juga trainer sales & motivasi

Tidak butuh dan tidak tertarik. Orang merasa tidak butuh atau tidak tertarik karena belum menyadari bahwa ada kebutuhan. Seorang sales sebelum melakukan penjualan hendaknya melakukan riset kebutuhan mereka. Bisa seorang sales mencari apa problem yang mereka hadapi, apa goal atau tujuan jangka panjang mereka dan mungkin mereka tidak menyadari bahwa ada solusi atas permasalahan mereka. Biarkan dengan teknik tertentu mereka menjadi ter motivasi dengan sendirinya untuk membeli Contoh: seorang manager tidak tahu bagaimana mengembangkan teamnya dengan cepat sehingga karir dirinya tidak berjalan dengan baik. Kemudian saya mendekati dirinya dan menanyakan tantangan yang dia hadapi dalam pekerjaan khususnya mengelola anak buahnya. Dan dia menjelaskan problem yang dihadapi dan apa konsekwensinya bila dia tidak berhasil mengembangkan team. Setelah dia sudah terbuka maka saya tunjukkan caranya bahwa dengan ilmu TranceFormative Coaching bisa membantu mengembangkan team dengan relatif cepat. Jadi keywordnya sebagai seorang sales adalah : cari apa kebutuhan dan problem mereka. Bila anda menarik kerbau ke air untuk minum pasti sangatlah susah, bagaimana bila anda membuat dia kehausan dan dia sendiri yang pergi ke air. Lebih mudahkan? Daripada me motivasi dia biarkan dia me motivasi dirinya sendiri.

Tidak punya uang. Saya waktu menjadi sales hingga sekarang menjadi sales trainer tidak percaya bahwa orang mengatakan tidak punya uang. Dia hanya tidak ter – motivasi untuk membeli barang anda. Seorang sales harus mampu membuat prospek ter – motivasi dengan sendirinya dalam mengalokasikan budget mereka. Ingat ya, ini dengan asumsi bahwa mereka ditarget market yang memang mampu untuk membeli. Apa yang membuat mereka tidak mengalokasikan budgetnya? Karena merasa tidak perlu alias kembali lagi ke no 1 atau prioritasnya belum kesana. Pengalaman saya ketika memberikan pelatihan sales dan menjadi sales trainer ketika memberikan sesi motivasi dan pengembangan keahlian disebuah perusahaan softlens. Mereka membagi harga soft lens mereka yang mahal menjadi lebih murah dengan dibagi berdasarkan biaya minum kopi distarbuck setiap hari. Artinya sasaran targetnya orang-orang yang lifestyle minum kopi. Bila dalam bisnis training saya bisa membagi harga tersebut menjadi perbulan dan dibagi perhari. Jadinya sangat terjangkau dan murah. Dan juga bisa anda menanyakan budget mereka berapa ini dengan asumsi bahwa sudah menanyakan kebutuhan mereka ya.

Tidak mendesak. Ini terjadi biasanya anda sudah mempresentasikan kebutuhan mereka dan mereka masih mengatakan ya nanti saya ambil. Tahun depan ya karena saya masih ada kebutuhan. Dalam hal ini biasanya saya akan menekankan kemendesakan. Dalam pelatihan sales dan motivasi , saya menganjurkan menggunakan teknik yang menciptakan sense of urgency. Dengan sense of urgency maka sales akan terjadi lebih mudah. Sehingga prospek akan berpikir ulang dan melakukan action. Silahkan juga dibaca tulisan saya sebelumnya di http://antoniusarif.com/dapur-pelatihan-sales-8-langkah-persuasi-terselubung-covert-persuasion/

Tidak percaya. Tidak percaya saya bagi menjadi 2 bagian. Tidak percaya dengan anda atau tidak percaya dengan produknya. Bila tidak percaya dengan anda sebagai seorang sales maka anda harus menjalin trust dengan orang tersebut. Dan anda bisa baca di tulisan saya di http://antoniusarif.com/pelatihan-sales-membuat-orang-suka-dengan-anda-bagian-1/ tetapi bila problem masalah mereka adalah diproduk yang anda tawarkan maka anda harus penuhi beberapa hal, yaitu branding, buka fakta kelebihan perusahaan, lakukan demo dan sebagainya. Ketika saya sebagai seorang sales perusahaan internet content provider dan menawarkan produk dan jasa kami ke perusahaan besar maka mereka selalu mengeluarkan keberatan bahwa anda perusahaan baru bagaimana saya bisa percaya hasilnya. Dan ini strategi saya sebagai seorang sales, yang pertama saya tekankan bahwa para programer kami pengalaman diberbagai perusahaan sebelumnya. Jadi saya menjual orang-orangnya. Bila cara pertama tidak berhasil maka saya akan mengatakan bahwa kami akan mengaransi hasilnya. Atau yang ke 3 kami akan mengatakan teknologi yang kami miliki adalah yang terbaik didunia. Sehingga mereka menjadi trust kepada diri kita sebagai sales dan trust kepada perusahaannya.

Ada satu tambahan lagi agar memperkuat strategi anda untuk merubah orang mengatakan tidak menjadi iya. Menurut kevin hogan pakar hypnotherapi,  sales & covert persuasi menggunakan teknik inner motivasi. Caranya adalah orang biasanya mengalami takut akan sesuatu makanya mereka mengatakan tidak dan bagaimana kalau kita manfaatkan ketakutannya itu untuk takut bila dia mengatakan tidak 🙂 menarikkan? Caranya bagaimana? Teknik yang digunakan dalam dunia terapi untuk memberhentikan orang merokok. “imajinasikan anda tetap merokok terus menerus rokok tersebut dan anda melihat anak anda dan cucu anda datang melihat peti mati anda dan mereka menangis karena tidak bisa bicara dengan anda lagi karena anda berkomitmen untuk bunuh diri secara perlahan dengan tembakau. Muka anda mengeriput dan mereka tidak dapat berpikir tentang anda sama lagi.” Lalu bila sudah muncul ketakutannya maka diteruskan masukan perintah “ jika anda memutuskan untuk menghilangkan setengah bungkus rokok setiap hari selama sebulan dan setengahnya lagi dibulan depannya dan akhirnya anda buang sisanya maka anda akan melihat diri anda sehat dan bahagia dan dapat bersenang-senang dengan orang yang dicintaimu”

Nah sekarang bagaimana caranya anda gunakan untuk penjualan anda merubah orang yang mengatakan “tidak” menjadi “iya” selamat berlatih.

Ini rahasia dari dapur pelatihan sales dan sales motivasi saya persembahkan untuk anda.

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh Antonius Arief

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *