Sales Inspirasi : TEKNIKNYA SAMA TAPI SULIT JUALAN

Mungkin anda mempunyai team atau rekan anda yang mengalami kesulitan berjualan padahal mereka sudah diberikan skrip yang skripnya itu dipastikan berhasil kepada diri anda atau orang lain. Apa yang salah? Atau anda sendiri juga mengalami problem yang sama?

Menurut pendapat saya, penjualan itu tekniknya sama yang membedakan hanya barang atau jasanya saja. Saya meyakini bahwa semua sales bisa menjual barang apapun dan dimanapun tanpa dikotak-kotakan industrinya. Semua keahlian dan belief systemnya sama saja.

Dalam training sales ( pelatihan penjualan ) yang saya adakan, saya menemukan problem tersebut terjadi diantaranya karena anda tidak percaya kepada produk yang anda jual. Walau anda menggunakan skrip yang sama atau teknik yang sama tapi hasil bisa berbeda. Anda musti percaya dulu dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Anda pernah nonton film the wolf of the wall street? Yang dimainkan oleh Leonardo di caprio? Film yang mengisahkan tentang Jordan Belfort seorang sales yang menjual penny stock dan berhasil meraup uang banyak dari orang kaya serta menipu mereka hingga akhirnya Jordan Belfort ditangkap oleh FBI kemudian akhirnya menjadi trainer sales ( pelatih penjualan ). Ternyata dia menceritakan bahwa saat dulu dia sudah jago berjualan dengan sahabatnya Danny yang menggunakan teknik sama serta skrip yang sama, penjualan mereka sangat luar biasa sehingga mereka memutuskan untuk merekrut orang baru untuk berjualan dengan menggunakan skrip dan teknik yang sama. Apakah berhasil? Tidak, tidak berhasil. Sampai Jordan Belfort bingung, apa yang salah? Dia sudah melatih selama 3 bulan dengan hasil nihil. Dan dia memutuskan untuk belajar seluruh teknik penjualan dalam sebuah training sales ( pelatihan sales ) selama 3 hari dan saat diterapkan teknik yang diajarkan dalam training sales ( pelatihan penjualan ) hasilnya tetap nihil. Lah kok bisa? Akhirnya beliau menemukan apa yang salah. Yang salah seperti yang saya sudah uraikan diatas. Tidak percaya kepada produk atau jasa yang ditawarkan. Mau caranya apapun maka hasil akan nihil.

Sebelum orang lain percaya dengan apa yang anda tawarkan, anda harus percaya bahwa produk yang anda tawarkan memang bagus. Juallah kepada diri anda sendiri. Bila anda percaya dengan produk itu bahkan anda sendiri mau membelinya maka anda akan lebih mudah menawarkan kepada orang lain. Bagaimana cara kita mengecek kepercayaan itu? Silahkan anda melakukan self evaluation dari 1-10. Dimana 1 anda tidak sama sekali percaya bahkan mungkin andapun tidak mau membelinya dan skor 10 dimana anda sangat suka dengan barang tersebut dan anda tertarik membelinya. Bila anda skor 5 artinya  anda setengah percaya. Ya kadang juga meragukannya. Bahkan ingin segera membelinya. Kira-kira anda di skor berapa? Jadi wajar bila anda skor dibawah 7-8 saja anda akan mengalami kesulitan dalam penjualan. Jadi apa yang harus dilakukan? Saran sederhana saya yang sering saya bagikan dalam training sales ( pelatihan penjualan ) adalah anda tanya kepada diri anda, kenapa anda mau membeli barang atau jasa yang anda tawarkan? Tuliskan sebanyak-banyaknya. Minimal 10 alasan kenapa anda mau membeli barang tersebut. Dan anda rasakan perbedaannya.

Selamat mencintai yang anda tawarkan.

Oleh Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − four =