Pelatihan Sales : 5 Karakter Sales Excellent

Semua orang bisa menjadi sales, siapapun orangnya pasti bisa. Tetapi tidak semua orang bisa menjadi sales yang sukses. Dalam pelatihan sales ( training sales ) yang saya adakan, saya sering melakukan pengamatan dan melakukan sedikit riset. Saya bagi menjadi 5 karakter yang harus dimiliki Sales Excellent. Ketika anda mempunyai karakter ini maka kemampuan anda dibidang penjualan akan lebih cepat sukses.

Curiosity, mempunyai rasa penasaran dan ingin tahu yang tinggi. Ketika berjualan kadang sering sekali mendapat penolakan atau mentok saat melakukan sesuatu saat berjualan. Dan seorang sales yang excellent akan penasaran kok bisa ditolak. Dia akan mencari cara bagaimana caranya untuk berhasil. Ini saya alami saat sebagai seorang sales, saya memperumpamakan diri saya seperti seekor macan. Bila saya tidak dapat buruannya, saya penasaran bagaimana caranya supaya saya berhasil. Tidak mungkin tidak berhasil. Pasti ada cara. Hal seperti ini sudah saya pupuk sejak kecil dan begitu juga ketika anak saya Matthew saat balita ketika mengerjakan sesuatu dan tidak bisa maka saya latih dirinya mempunyai rasa penasaran. Ayo, buat dirimu penasaran kenapa tidak bisa. Yes, itu kalau dari kecil sudah dipupuk. Bagaimana dengan orang dewasa? Sebagai sales dilatih diri anda dan katakan kepada diri anda saat ditolak atau gagal jualan atau tidak tembus saat melakukan sesuatu katakan “saya penasaran, hmm bagaimana caranya untuk bisa berhasil ya?” Buat diri anda menjadi seorang sales yang jenius.

Self Driven & self motivation, seorang sales mempunyai kemampuan mengarahkan dirinya ketujuan dan selalu dapat memotivasi dirinya sendiri. Karena motivasi bukan datang dari luar, tetapi datang dari dalam diri anda. Betul, banyak perusahaan memberikan training motivasi kepada salesnya dan biasanya ini bersifat sementara. Makanya sangat disarankan bila memberikan training motivasi diketemukan faktor apa yang bisa mereka mendrive diri sendiri mencapai tujuannya. Dan selalu termotivasi untuk mencapainya. Bagaimana saya mengatur diri agar selalu termotivasi, dalam neuro linguistic programming ( NLP ), saya selalu mensharingkan dikelas pelatihan sales ( training sales ) agar mereka menemukan away from atau hal apa yang dihindari dalam hidup anda yang bisa mengerakan anda untuk mencapai tujuan. Waktu awal karir saya, saya selalu membayangkan istri dan anak saya bisa tidak bahagia bila saya tidak bergerak untuk menjual produl khususnya ketika saya menjual produk yang tidak laku dan membalikannya sehingga saya bisa mendapatkan 3 Top Achiever Award serta masuk majalah Swa sebagai Marketer to watch 2006. Apakah cukup hal itu saja? Tidak! Dalam Neuro linguistic Programing ada program toward atau menghampiri tujuan. Saya masukan ke dalam diri saya bahwa betapa bahagianya istri saya bila saya bisa membuat dirinya jalan-jalan ke luar negeri. Karena impian dia adalah keliling dunia. Dan saya berhasil berkali-kali membawa istri saya bisa jalan-jalan ke luar negeri dari hasil sendiri ataupun prestasi.

Mempunyai hasrat untuk berkembang, sering saya katakan dalam kelas pelatihan sales ( pelatihan sales ) bahwa seorang sales adalah seorang yang mempunyai hasrat untuk belajar dan berkembang. Ketika mereka mentok, mereka mencari cara dan punya keinginan untuk selalu berkembang. Mereka adalah sekumpulan orang yang percaya bila mereka tidak berhasil belum tentu karena produk atau jasa yang mereka pegang tetapi karena faktor dirinya sendiri sehingga mereka selalu cari cara untuk mengembangkan kemampuan dirinya melalui buku-buku atau pelatihan yang mereka terima. Sarapan seorang sales juara adalah membaca buku dan belajar.

Mental tangguh, seorang sales mempunyai mental tangguh dan ketika mereka berjuang dan jatuh itu adalah bagian dari seni. Yang kadang suka menjadi momok seorang sales adalah penolakan. Begitu mereka ditolak, mereka merasa tidak bakat berjualan dan finish. Diotak seorang sales yang excellent selalu ditaruh dalam dirinya bahwa “penolakan adalah hal biasa. Mental tangguh yang akan juara”

Problem solver, ini bagian favorit saya ketika menjadi seorang sales. Saya selalu mengatakan dalam pelatihan sales ( training sales ) bahwa seorang sales harus mampu menjadi konsultan atau seorang yang bisa membantu untuk menemukan solusi terhadap masalah yang dimiliki prospeknya. Bukan sekedar jualan-jualan saja. Tetapi memahami apa yang menjadi kendala dari prospek dan kita bantu dengan memberikan solusi dan jawabannya selalu diketemukan bila anda mau memahami kesulitan prospek anda. Pertanyaan apa yang harus dimiliki seorang sales sehingga bisa menemukan problem yang dihadapi oleh prospeknya? Akan dibahas ditulisan saya berikutnya.

Pelatihan sales ( training sales ) yang saya adakan, saya hanya mengatakan seandainya semua sales mempunyai 5 karakter seorang sales yang excellent dan wajib anda miliki akan menciptakan anda sebagai seorang sales yang tak terbantahkan.

Bagaimana dengan anda?

Oleh  Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel and tagged .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *