Pelatihan Penjualan : Pembukaan telpon yang Keren & dapatkan Referal

Semangat pagi, Pelatihan penjualan oleh coach Antonius Arif kembali lagi membawakan topik pembukaan telpon yang keren! Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk melewati resepsionis dan juga untuk mendapatkan referal. Saya bagikan teknik dari Bob Burg seorang pembicara yang luar biasa dan saya bagikan disini untuk anda. Sudah siap belajar dengan pelatihan penjualan?

Ketika anda dapat referensi bagaimana caranya anda membuka pembicaraan?

“Halo bu Ani. Saya Antonius Arif. Saya berjanji kepada bu Anna untuk menelpn anda.” Dengan prmbukaan seperti ini akan menguatkan posisi anda dimata prospek tentunya ya kan?

Cara lain lagi

Resepsionis : selamat pagi, PT XYZ, ada yang bisa saya bantu?

Arif : pagi, saya Antonius Arif, bisa bicara dengan Mary?

Resepsionis : pa Antonius, dari mana? (Dia ingin tahu saya dari mana. Dan ini bisa menjadi mereka akan menyambungkan kita atau malah sebaliknya)

Arif : korpora, Jakarta – maaf, saya kurang sopan. Ini dengan siapa?

Resepsionis : Julie

Arif : oh terima kasih ya Julie.

Dengan seperti ini mereka tidak akan bertanya lebih lanjut korpora itu perusahaan apa. Ini saya melakukan pattern interupt dan jadi mereka langsung sambungkan.

Setelah disambungkan

Mary : halo, ini Mary apa yang bisa saya bantu?

Arif : selamat pagi ibu Mary, ini Antonius Arif. Yang saya pahami bahwa anda adalah person in charge untuk menentukan pembicara untuk convention tahunan. Benarkah itu?

Mary : betul, ada apa ya?

Arif : terima kasih, sebelum saya berbicara lebih lanjut apakah anda punya waktu beberapa menit saja untuk berbicara atau ini waktu yang kurang tepat?

Kata – kata ini membantu orang yang kita ajak bicara. Kita berempati kepada orang yang kita ajak bicara dan biasanya mereka menghargai kita. Setelah itu silahkan anda berbicara kebutuhan mereka dan janjikan proposal atau untuk mengatur pertemuan. Jika mereka tertarik maka kita lanjutkan

“bu Mary, selain anda apakah ada orang lain lagi untuk proses pengambilan keputusan?”

Tujuan pertanyaan ini agar anda tahu nanti siapa – siapa saja yang akan anda ketemui sehingga bisa melakukan persiapan. Menarikkan?

Nah bagaimana kalau kita membutuhkan referal. Bagaimana memintanya? Pastikan ini sudah menjadi klien anda ya.

“Mary, saya dalam proses mengembangkan referal bisnis saya. Dan saya juga menemukan bahwa sangat menolong sekali buat saya jika mempunyai partner dengan teman – teman saya dan klien saya seperti anda. Dapatkah saya meminta waktu beberapa menit dan kira – kira siapa saja yang bisa saya bantu untuk bisnis mereka?”

Sepertinya tulisan saya cukup dulu sampai disini. Semoga bisa membantu membuat anda lebih bagus dalam membuat janjian dengan belajar dalam artikel Pelatihan Penjualan.

Salam performance

“Your Achievement is our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − eleven =