Pelatihan Penjualan : Membangun Customer Loyal

 Semangat pagi, hari ini Pelatihan Penjualan akan memberikan tips bagaimana membangun customer agar loyal dengan kita. Kita sadari bahwa membangun customer agar loyal kepada kita akan meningkatkan penjualan sangat signifikan. Karena bukan sekedar kita akan menjual lagi kepadanya tetapi referal bisa didapatkan juga dari sana. Pelatihan penjualan menyadari bahwa banyak orang cenderung mencari calon customer baru dan itu juga tidak sepenuhnya salah tetapi banyak pakar penjualan menyarankan bahwa penjualan yang baik adalah dengan anda menjaga customer agar tetap loyal dengan kita. Dan 60-70% disarankan anda tetap membidik customer yang pernah membeli dari kita. Bahkan ada penelitian di Amerika bahwa 84% penjualan didapatkan dari customer yang puas serta word of mouth marketing. Dan referal itu  berharga hingga 10 kali dibandingkan menelpon customer baru. Dan 16 kali lebih mudah menjual kepada customer yang puas dibandingkan mencari customer yang baru. Wah menarikkan?


Ada 3 cara membangun customer agar loyal dengan kita menurut Brian Tracy. Yaitu

Relationship selling. Selama berjualan dan untuk membuat mereka loyal maka hubungan baik harus dijaga. Dan ini merupakan sebuah keunggulan mutlak dibandingkan kompetitor. Dengan anda menjaga hubungan baik dengan customer anda maka anda akan menjaga customer itu untuk tetap membeli dari anda. Banyak cerita dari para customer saya kenapa mereka tertarik memakai jasa saya, itu karena saya selalu memberikan lebih dari yang mereka bayarkan. Kadang beberapa corporate juga suka bingung kenapa saya mau berbagi diskusi atau sharing dengan mereka padahal mereka belum menjadi klien saya. Saya benar – benar menjaga hubungan ini agar selalu tetap baik. Dan akhirnya mereka menjadi memakai jasa saya. Sedangkan banyak orang yang merasa rugi bila berbagi dan tidak ada uang disana dan akhirnya ditinggal oleh mereka.

Partnering for profit. Apa maksudnya partnering for profit. Dalam perspektif pelatihan penjualan, Anda sebagai seorang penjual menjadi sahabat baik mereka dan memberikan saran yang berkaitan tentang bisnis mereka sehingga bisnis mereka menjadi berkembang. Jadi anda bisa datang kepadanya dan menanyakan kabar tentang bisnis mereka dan berikanlah saran yang juga bisa membantu bisnisnya bertumbuh. Dan bukan sekedar berkaitan tentang bisnis. Anda juga harus membantu berkaitan area diluar bisnis mereka. Tentang kehidupan mereka dan hal – hal lainnya. Ini kebiasaan saya yang sering saya lakukan secara pribadi. Menjaga hubungan baik dan membantu memberikan saran kepada mereka dan penjualan akan datang tentunya. Ingat, bukan push selling tapi soft selling. Dan banyak alumni saya belajar coaching, NLP dan Hypnotherapy digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik.

Consultative selling. Saat anda sebagai penjual cara pendekatan yang baik adalah dengan metode konsultasi. Pelatihan penjualan menyarankan anda untuk memposisikan diri anda sebagai konsultan maka anda akan memposisikan diri sebagai orang yang akan melayani dan menjadi problem solving. Daripada anda menjual dengan cara memaksa dan lagipula belum tentu produk yang anda tawarkan sesuai maka anda harus mencari tahu problem apa yang mereka hadapi dan bagaimana cara menyelesaikan problem mereka, mencapai tujuan mereka dan memuaskan kebutuhan mereka.

Dengan membangun hubungan dengan metode diatas maka menciptakan customer loyal akan terjadi dengan relatif lebih mudah.

Pelatihan penjualan cukup dulu sampai sini dan besok kita akan lanjutkan kembali.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 1 =