Pelatihan Penjualan : kecepatan Respon mempengaruhi tingkat closing

Semangat pagi, pelatihan penjualan hari ini kembali lagi bersama anda membahas tentang kecepatan respon mempengaruhi tingkat closing dalam penjualan. Ini saya ambil sebuah riset oleh Collen Francis seorang pakar penjualan dan juga beliau membuka sebuah pelatihan penjualan.


Beliau mengatakan bahwa melakukan riset terhadap 2 perusahaan sejenis berkaitan dengan respon. Ada perusahaan A dimana ketika ada permintaan tertentu dan perusahaan itu menjawab 24 jam kemudian maka tingkat orang yang kontak lagi dan menjadi qualified customer hanya 1,3 persen. Dan mereka tidak melakukan penelitian berapa persen closing ratenya. Anggaplah closing ratenya 100 persen saja maka dari 100 prospek maka yang closing hanya 1,3 customer. Sedangkan perusahaan B, mereka mewajikan team sales wajib menjawab dalam tempo 1 jam maka mereka menjadi qualified prospek adalah 22 persen dan tingkat closing mereka adalah 80 persen. Itu artinya hampir sekitar 17 closing atau terjadi proses penjualan. Woww, berbeda ya. Hmm menarik nih.

Rupanya prospek lebih menghargai orang yang langsung action karena keputusan membeli dari sebuah penjualan biasanya bersifat emotional bukan kognitif. Jadi respon kita menentukan tingkat keberhasilan kita dalam penjualan. Apakah hal ini juga berlaku dalam menjawab chating dari prospek seperti menggunakan whatsapp? Yes sama. Oleh sebab itu sangat disarankan anda menggunakan aplikasi bisnis atau software bisnis yang dalam waktu kurang dari 1 jam sudah ada respon. Karena penjual kadang sedang melakukan meeting atau sejenisnya. Respon akan berpengaruh.

Ok, cukup dulu tulisan pelatihan penjualan hari ini dan akan saya sambung lagi ke depan.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − seventeen =