Pelatihan Penjualan : Handling Objection “Harga Mahal”

Semangat pagi! Pelatihan penjualan kembali lagi hari ini Yuk pagi ini kita belajar bagaimana cara mengatasi keberatan bila prospek mengatakan “harga mahal”


Tapi sebelum saya menjawab dalam pelatihan penjualan ini, saya hanya mau memberikan kesadaran bahwa bila customer mengatakan harga mahal artinya anda sudah mengetahui bahwa dia pada dasarnya tertarik ya. Jadi harus dirayakan. Karena kalau dia tidak tertarik maka tidak mungkin dia menyatakan keberatannya. Betulkan? Dan juga sebelum membaca ini perlu disimak dulu kenapa orang keberatan. Yuk silahkan baca http://antoniusarif.com/pelatihan-penjualan-tips-mengatasi-keberatan-harga-terlalu-mahal/

Sekarang kita mulai bagaimana mengatasi keberatan bila mereka mengatakan “wah harganya mahal”

Inoculation pattern dalam bahasa indonesia artinya di imunisasi. Apa sih tujuan imunisasi? Agar orang yang diimunisasi tidak terkena penyakit. Nah seandainya jika anda menawarkan sesuatu dan harganya lebih mahal dibanding kompetitor maka anda sebelum memulai percakapan bisa mengatakan “banyak orang yang mengatakan produk kami sedikit lebih tinggi harganya tetapi …. (Berikan alasannya dan kenapa produk anda lebih tinggi harganya) dengan konsep inoculation keuntungannya tidak keburu terjadi debat kusir dan lebih mudah menjelaskannya. Dan lebih kurang penolakannya.

Jika akhirnya dia mengajukan keberatan, maka jangan fokus kepada keberatannya. Sampai mereka mengajukan keberatan lagi untuk yang kedua kalinya. Anda cukup menjawab “ saya dengarkan”  dan jika dia tidak bicara apapun lagi ya dibiarkan saja. Mungkin itu hanya self talk saja.

Biasanya keberatan karena mereka tidak mengetahui value sesungguhnya dari barang yang ditawarkan. Oleh sebab itu mereka perlu tahu dengan jelas apa valuenya. Jangan fokus kepada harga tetapi fokus kepada nilai nilai yang diberikan.

Ini teknik mengatasinya jika tetap terjadi

Ketika anda mengatakan harganya mahal, apa maksudnya?

Bagaimana anda tahu bahwa harganya mahal?

Apa pengalaman anda dengan perusahaan seperti kami?

Boleh tahu apa yang menjadi landasan anda dalam menekan biaya di area ini?

Apakah anda tahu apa potensial biaya yang hilang jika anda tidak ambil keputusan?

Jika kita pinggirkan biaya sejenak, apakah ini adalah produk yang anda inginkan untuk dibeli?

Semoga cara ini dari pelatihan penjualan bisa membantu anda untuk closing lebih banyak. Nanti kita akan sambung ke depan.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 − 6 =