Pelatihan Penjualan dan NLP : siapa kamu?

Semangat pagi, pelatihan penjualan kembali lagi hari ini bersama anda membahas topik yang fundamental khususnya mengenai identitas diri anda sebagai penjual ( sales ) yaitu siapa diri anda ? Saya banyak menemukan dikelas pelatihan penjualan saya juga diperusahaan waktu saya bekerja. Saya bisa melihat bahwa dia bakal menjadi sales yang bagus atau tidaknya tergantung kepada dirinya mengidentitaskan dirinya seperti apa. Karena dengan identitas yang kuat akan mempengaruhi kepercayaan diri seorang penjual saat melakukan penjualan.


Dalam pelatihan penjualan dan motivasi yang saya adakan, saya sering sekali meminta untuk diri peserta menuliskan siapa diri mereka? Ada yang menuliskan saya adalah seorang salesman diperusahaan ABC atau saya adalah seorang penjual dan sebagainya. Berdasarkan pengalaman saya melakukan pelatihan secara one on one atau pelatihan penjualan dan motivasi secara masal saya menemukan identitas yang biasa akan membuat seorang penjual hanya melakukan penjualan dengan cara yang biasa dan tidak luar biasa. Kok bisa begitu? Yes, kata – kata yang disebutkan akan mempengaruhi tubuh anda. Dalam NLP kami mempercayai kata – kata yang diucapkan akan mempengaruhi diri anda dan tingkah laku anda. Karena menjadi penjual bukan sekedar keahliannya saja tetapi kemampuan pikiran akan mempengaruhi pusat tubuh dalam bekerja. Pernah nga ada bicara saya lemas rasanya hari ini dan benar – benar tubuh anda akan lemas? Ya ini pengaruh dengan kata – kata yang anda ucapkan mempengaruhi ke tubuh. Apalagi saat anda menjadi penjual dan juga mengatakan saya adalah penjual pt abc. Ini tidak membuat anda merekam program ke pikiran bawah sadar agar menjadi lebih daripada yang anda ucapkan.

Kenapa bisa begitu? Dalam pelatihan penjualan dan NLP yang saya sharingkan saya mensharingkan teknik yang dikenal istilah Neurological level. Dimana dalam neurological level dibagi berdasarkan:

  • Spiritual, dilevel ini bisa berarti purpose atau tujuan hidup anda. Jadi anda melakukan ini semua untuk siapa lagi.
  • Identity, adalah identitas diri anda dan kata kuncinya adalah siapa saya dalam konteks tertentu atau konteks anda sebagai manusia secara keseluruhan
  • Value & belief, ini berkaitan nilai – nilai yang anda anut dan juga keyakinan – keyakinan yang anda miliki.
  • Capability, kemampuan apa yang anda miliki seperti knowledge dan skill.
  • Behavior, perilaku apa yang anda miliki
  • Environment, lingkungan anda yang anda punya.

Dimana identitas diatas bisa mempengaruhi belief atau keyakinan didalam diri seseorang dan begitu juga akan mempengaruhi dengan capability atau kemampuan kita dan juga akan mempengaruhi perilaku kita. Nah menariknya bila identitas anda sebagai seorang penjual dan ditanya siapa diri anda dan dijawab : saya adalah seorang penjual dari pt abc maka ya anda akan bersikap seperti itu dan sebaliknya jika anda memasukan identitas anda dengan baik maka akan mempengaruhi belief anda menjadi lebih positif dan juga akan mempengaruhi ke perilaku anda. Hmm makin menarik ya rahasia seseorang menjadi juara yang saya cuplikan dari pelatihan penjualan dan NLP

Jadi yang baik seperti apa?

Bila sudah mempelajari konsep diatas maka yang harus kita lakukan adalah menentukan identitas anda yang positif. Saya beri contoh dan ini yang saya gunakan : siapa saya? Saya adalah supersalesman 10 customer datang kepada saya dan 9 pasti closing. Dan ini yang membuat saya menjadi Top Achiever award 3 thn berturut – turut dan juga menjadi Marketer to watch 2006 dari majalah SWA. Ada juga seseorang yang bagus penjualannya ketika ditanya siapa saya? Maka dia menjawab saya adalah Top Sales Nasional sepanjang tahun. Maka menariknya itu yang terjadi saat dia berjualan dan prestasinya juga sesuai dengan apa yang dia katakan.

Apa yang bisa di simpulkan? Bahwa kata – kata seorang penjual akan mempengaruhi tingkah laku dia dalam melakukan proses penjualan dan bila mau menjadi extraordinary maka berkata – katalah kepada diri anda yang extraordinary. Cukup dulu tulisan saya kali ini dari pelatihan penjualan dan akan membahas topik – topik yang lain ke depan

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × one =