Pelatihan Penjualan : 21 teknik Pertanyaan Penjualan

Semangat pagi, pagi ini pelatihan penjualan akan membahas topik bagaimana dengan 21 teknik pertanyaan bisa terjadinya penjualan oleh sales. Seperti yang saya selalu jelaskan bahwa teknik yang paling terbaik dalam penjualan adalah dengan metode consultative selling. Dimana anda berlaku seperti seorang konsultan yang memecahkan masalah klien anda. Dan teknik yang banyak digunakan adalah bertanya dan mendengarkan. Sekarang saya akan sharing bagaimana teknik pertanyaan yang berdampak. Teknik ini dikembangkan oleh Rain Group. Tekniknya cukup sederhana dan berdampak. Mereka menggunakan frame work RAIN. Kepanjangan dari Rapport (menjalin keakraban) , Aspiration & Afflictions (aspirasi dan penderitaan) , Impact (dampak) dan New Reality (realita baru)

Mari kita mulai 21 teknik pertanyaan Penjualan.

Bagian Rapport

Apa yang terjadi dengan bisnis anda belakangan ini? Ada perubahaan apa?

Apa yang anda lakukan di liburan ini

Kemaren anda menceritakan tentang permasalahan itu secara singkat, dan karena kita lagi makan siang, bolehkah saya mendengar versi panjangnya? Apa ceritanya?

Saya senang ketika melihat anda melakukan (berikan pujian khususnya berkaitan dengan yang dia lakukan kepada team) bagaimana anda bisa melakukan hal tersebut? Saya yakin anda belajar sesuatu tentang perusahaan dan team. Bisa disharingkan kepada saya?

Anda pernah bicara tentang (hobi, liburan dan kesenangan tertentu) apa yang membuat anda menyukai hal tersebut?

Bagian Aspiration & Affliction

Kenapa teknologi/jasa/produk/situasi/hal berkaitan pekerjaan tidak bisa berjalan dengan baik sekarang?

Banyak klien saya melaporkan problem di area A,B dan C. Bagaimana hal tersebut berdampak kepada anda? Dan apa pendapat anda berkaitan hal itu?

Apa yang menahan atau menghambat anda untuk mencapai income, omzet, revenue atau goal anda?

Apa goal atau tujuan anda yang anda miliki secara umum pada area ini?

(Kalau mereka yang mengundang kita meeting) apa objective anda memanggil saya hari ini?

(Asumsinya anda yang mengatur pertemuan) seperti yang saya jelaskan diawal, saya mau mensharingkan kepada anda beberapa ide tertentu yang bisa membantu klien kami sukses dibidang X,Y dan Z. Sebelum saya memulainya, pada saat nanti saya mensharingkan ide tersebut, adakah hal yang anda ingin ketahui? Atau adakah kriteria dari anda bahwa meeting kita sudah sukses?

Bagian Impact atau dampak

Jika anda dapat mengatasi rintangan, kira – kira apa dampaknya buat keuangan perusahaan anda?

Jika anda membiarkan hal ini terjadi apa dampaknya buat anda secara personal?

Bagaimana efek jika anda bisa mengimplementasikan hal ini kepada kompetitif anda dipasar?

Bagamana dampak kepada BOD jika dia mengevaluasi kesuksesan atas inisiatif ini?

Jika anda tidak menemukan solusi dari masalah ini, apa kesulitan yang akan anda hadapi? Apa yang anda tidak ingin terjadi yang bisa terjadi jika tidak melakukan apapun?

Bagian New Reality

Jika anda punya stik ajaib dan bisa merubah apapun apa yang akan anda lihat 3 thn dari sekarang yang kelihatannya berbeda?

Anda menyebutkan diawal bahwa anda tidak mempunyai pengalaman yang bagus dengan provider sekarang. Apa yang anda harapkan terjadi jika anda bekerjasama dengan kami?

Anda telah mendengarkan percakapan kita selama ini, kira – kira hal yang berbeda apa yang anda lihat yang kita bisa gunakan ke masa depan?

Sukses menurut anda seperti anda? Pada bisnis, project ini dan saat kita bekerjasama?

Jika tidak ada hambatan berkaitan uang, usaha, politik isu dan hal lainnya, apa yang akan anda rubah? Dan bisa katakan kepada saya kenapa harus berubah?

Cukup dulu tulisan saya kali ini, semoga tulisan ini bisa memberikan dampak positif pada kehidupan dan bisnis anda. Saya coach Antonius Arif pamit dulu. Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − one =