Negotiation skill training : Tips Memenangkan Negosiasi

Semangat pagi! Tulisan saya hari ini bertema Negotiation Skill Training dengan topik memenangkan negosiasi. Apa tujuan saya menuliskan hal in karena banyak orang yang tidak mempunyai kemampuan negosiasi yang baik dengan tulisan ini agar anda menjadi lebih mempunyai kemampuan yang bagus dalam bernegosiasi.

Siap untuk belajar negotiation skill?

Persiapan sebelum bernegosiasi. Jangan pernah anda maju dalam bernegosiasi dengan tanpa persiapan. Lakukan riset dan melakukan perbandingan sebelum anda maju. Misalkan negosiasi untuk penjualan maka yang anda lakukan cari tahu berapa harga pembanding yang akan masuk dan kenapa punya anda yang lebih unggul. Dan persiapkan berapa penurunan harga yang bisa anda lakukan dan juga bila anda mau tetap bertahan disatu angka, maka apa yang bisa anda berikan sebagai gantinya dari penurunan harga. Mungkin anda bisa memberikan mereka sesuatu sebagai gantinya. Usahakan ketika memberikan sesuatu yang cost nya kecil buat anda dan valuenya tinggi buat customer

Persiapkan BATNA. Apa itu BATNA? Best alternatif to negotiate agreement. Dan menurut Fisher, BATNA adalah alternatif penawaran yang setara yang anda bisa ajukan ke mereka jika anda tidak mencapai persetujuan secara sukses. Jika anda tidak mempunyai rencana alternatif penawaran yang kuat maka ketika bernegosiasi maka semua tergantung dengan belas kasih orang yang anda ajak bernegosiasi. Dan anda akan habis di “bantai” sehingga anda harus mengikuti permainan penawaran yang diajukan. Dan saat bernegosiasi, persiapkan apa saja? Persiapkan tentang quantity, kualitas yang ditawarkan atau bentuk lain sebagai penganti. Ke depan saya akan bahas khusus BATNA untuk bernegosiasi.

Bangun affinity kepada orang yang anda negosiasi. Affinity adalah bangun kesamaan atau menjalin hubungan. Saya belajar ini dengan Alex Mandosian disebuah training Guerrilla Business. Beliau mengajarkan ketika anda bernegosiasi dan sepertinya mulai mentok maka anda keluar dari negosiasi dan bangun ke akraban dengan oranf tersebut. Misal bicara tentang sudah berapa lama kerja disini, tinggal dimana, berapa anak dan sebagainya. Setelah sudah segera negosiasi kembali. Sampai ketika saya diminta turun ke lapangan dan melakukan negosiasi ternyata betul bahwa ketika saya bernegosiasi dan ketika mentok saya melakukan pola affinity dan ternyata orangnya bersedia menurunkan harganya. Wowww, amazing kan?

Membawa makanan kecil serta kopi dapat mencairkan negosiasi. Ini membuat orangnya merasa akrab. Taktik kecil ini bisa mencairkan suasana dan membuat negosiasi lebih mudah dan ringan. Dan menurut Prof Cialdini, ini adalah teknik reciprocity atau teknik timbal balik. Dimana seseorang akan memberikan sesuatu setelah dia diberikan sesuatu. Walau dia kurang suka dengan sesuatu yang diberikan tetapi ini melancarkan saat bernegosiasi.

Menaikan glukosa mereka. Seperti yang kita pahami bersama bahwa ketika dalam bernegosiasi dan orang tersebut dalam kondisi lapar yang berakibat gula darah mereka turun maka menyebabkan bisa menjadi mudah marah. Dan akibatnya penawaran kita menjadi tidak bagus. Bahkan penelitian Donohoe & Benton tahun 1999 dan Denson tahun 2010 mengatakan hal yang hampir mirip. Dimana bila glukosa level mereka rendah maka orang cenderung berperilaku agresif. Oleh sebab itu dengan membawa makanan kecil serta kopi dapat membantu negosiasi dengan lebih baik. Good idea ya?

Cukup dulu tips kali ini untuk memenangkan negosiasi, diminggu depan saya akan berikan tips lainnya dalam negotiation skill training untuk membuat anda menjadi ahli dalam bernegosiasi.

Salam performance

Your Achievement is Our Mission

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + 15 =