Negotiation skill training : Mengatasi Situasi Sulit saat Negosiasi

Semangat pagi, pagi ini membawakan tema negotiation skill training dengan tema mengatasi situasi sulit saat negosiasi. Saat bernegosiasi tidaklah selalu mulus situasinya kadang mengalami dead lock atau jalan buntu apalagi menghadapi orang – orang tertentu dengan gaya yang memprovokasi dan kadang memunculkan situasi yang membuat jadi buntu. Saya akan kupas teknik yang digunakan oleh Sales Readiness Group dan mengupas dari sudut pandang belajar NLP tentang negosiasi.


Sales Readiness group menyarankan ketika dalam situasi sulit menggunakan frame work TACTIC. Apa itu TACTIC?

Take a deep breath alias menarik nafas panjang. Ketika bernegosiasi kadang muncul situasi yang bisa memanas. Dan dalam belajar NLP diketahui bahwa ketika anda dalam kondisi atau state negatif maka anda tidak bisa bernegosiasi dengan baik karena kondisi state negatif membuat pikiran kita buntu dan seakan – akan tidak ada jalan keluar. Jadi solusi yang paling baik adalah dengan menggunakan menarik nafas. Dan saya menyarankan agar menggunakan teknik the power of 5 second. Anda menghitung mundur dari angka 5 hingga ke 1. Dan ini sangat membantu anda untuk membuat anda lebih tenang dan bisa berpikir lebih jernih. Dengan tenang maka otak anda akan lebih berdaya dibanding dalam kondisi sebaliknya. Dan sales readiness group menyarankan agar anda menarik nafas dan menghembuskan nafas dengan menghitung angka dari 1 hingga ke 10.

Acknowledge the disagreement. Menerima ketidak setujuan. Sangat disarankan agar anda mengakui bahwa ada kondisi bahwa ada kesamaan pendapat. Dan mereka perlu tahu bahwa anda menghargai perbedaan itu karena ketika anda menghargai perbedaan maka pihak lainnya akan merasa bahwa anda menghargai mereka. Itu yang terpenting dan jangan merasa bahwa anda adalah pihak yang paling benar. Ketika anda memunculkan sebagai pihak yang benar maka situasi akan semakin memburuk.

Clarify the concern. Mencari tahu apa hal yang menjadi perhatian mereka sehingga mereka meminta itu dari anda. Anda bisa bertanya, “bolehkah anda membantu saya agar saya bisa memahami kenapa hal ini penting untuk anda? Bisakah memberitahu kepada saya alasan meminta hal tersebut?” Lalu anda dengarkan jawabannya. Dengan anda mendengarkan jawabannya maka pihak yang diajak negosias akan berubah suasananya. Dan bisa terciptanya kepercayaan atas situasi hal tersebut. Ini juga membantu anda agar anda bisa berpikir untuk menemukan solusi yang terbaik berdasarkan ketertarikan mereka.

Transfer the focus. Dalam bagian ini tugas anda sebagai negotiator adalah merubah arah fokus mereka dari situasi yang sulit dengan melakukan reframing. Sehingga anda bisa mengajak orang yang diajak negosiasi bisa melihat dari persepektif berbeda. Kemampuan skill NLP dan Negotiation skill sangat dibutuhkan dikondisi ini dengan menitikberatkan bahwa ada 2 kepentingan dari situasi ini sehingga bisa tercipta win win solution.

Investigate mutually beneficial alternatives. Saat mencari solusi sangat disarankan harus memakai mentality win win bukan win lose atau lose win. Usahakan solusi didapat dari hasil kolaborasi bersama sehingga dapat berakhir dengan happy. Cari apa yang sebenarnya mereka tertarik dari hal yang mereka negosiasikan.

Confirm next steps. Setelah semua sudah dilakukan tinggal melangkah step berikutnya. Anda bisa bertanya kepada orang yang diajak negosiasi apakah sudah siap untuk melangkah keberikutnya. Sehingga terjadi kesepakatan bersama.

Cukup dulu negotiation skill training hari ini dan kita akan lanjutkan topik – topik ke depan.

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =