Dapur Training Sales : Jualan tidak bisa mencapai Target

Semangat pagi, Dapur Training Sales & pelatihan sales hari ini membahas topik kenapa sales tidak berhasil mencapai target? Apa yang salah? Banyak salahnya hehehe. Apa saja? Saya akan buka rahasia training – training sales ( pelatihan sales ) yaitu Hukum Pareto 80/20. Mungkin anda sudah pernah mendengar? Bila belum saya akan jelaskan kepada anda.

Menurut hukum pareto 80/20 bahwa yang kita lakukan 20 persen atas waktu kita akan menghasilkan 80 persen income atau revenue penjualan atau sales. Banyak orang yang melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan yang mau dituju. Istilahnya tidak fokus. Banyak sekali trainer – trainer dalam pelatihan – pelatihan dan training – training apapun baik motivasi, sales , hingga leadership selalu berbicara mengenai fokus. Tapi banyak yang tidak bisa memahami caranya, betulkan? Saya akan kupas lagi lebih dalam. Saat saya sebagai seorang sales dahulu. Saya diajarkan teknik ini oleh Division Manager saya yang setingkat dengan General Manager. Beliau mengatakan tentang hukum pareto dan dia buktikan begini, coba dilihat revenue terbesarmu 80 persen didapat dari 20 persen total customermu. Benar begitu? Begitu saya lihat semua total database saya, saya jadi kaget. Yang dia bicarakan benar. Ya walau tidak benar 100 persen. Angkanya adlh 85 persen revenue saya didapat dari sekitar 18-19 persen total customer. Wah menarik nih menurut saya. Jadi dia hanya menyarankan saya fokus ke customer itu saja. Biar sisanya di handling oleh team saya yang lain. Yes, itu benar sekali.

Dan saat saya sebagai general manager, saya juga menemukan hukum pareto juga berlaku. Waktu bekerja sales saya dari 8 jam perhari yang benar2 bekerja hanya 1,5-2 jam dan itu menghasilkan revenue perusahaan sebesar 80 persen tadi. Wah saya jadi makin enggeh. Kalau saya mau team sales saya besar maka saya perlu training mereka untuk mengalihkan waktu 6 jam kerja mereka yang tidak maksimal untuk didelegasikan atau agar dia fokus pekerjaan yang hanya menghasilkan revenue itu. Jadi kalau dia mau revenue naik 2 kali lipat alias 160 persen maka dia harus memaksimalkan 4 jam kerja yang benar- benar kerja berkaitan dengan sales. Dan saya harus men training mereka agar mencapai double. Rumus yang sama saya pakai saat saya mendapatkan 3 kali Top Achiever award karena pencapaian hampir 220 persen. Saya menggunakan cara yang sama memaksimalkan waktu kerja saya. Jadi apa yang menyebabkan seorang sales tidak mencapai target? Karena banyak waktu yang terbuang dan tidak melakukan hukum 80/20 tadi.

Saya akan bantu anda dengan memberikan pertanyaan dan ini akan men training diri anda untuk mencapainya

Identifikasikan revenue anda datang dari mana atau segmen mana?  Apakah benar 80 persen revenue anda datang dari 20 persen customer yang sama atau market yang sama?

Identifikasikan waktu anda bekerja yang benar-benar bekerja berapa jam?

Coba dicek apa saja pekerjaan yang anda kerjakan yang tidak mempengaruhi revenue anda? Dan berapa lama mengerjakannya?

Seandainya pekerjaan tersebut bisa didelegasikan, yang mana yang bisa didelegasikan?

Bagaimana cara mendelegasikannya?

Nah sebelum saya menutup tulisan saya ini, ada satu cerita yang saya masih ingat tentang Joe Girard beliau adalah seorang penjual yang terkenal karena mampu menjual mobil 13.001 mobil chevrolet selama 15 tahun dan masuk buku Guiness book of world record. Dan tahun 1973 menjual 1425 mobil. Woww, bagaimana cara dia menjual 1425 mobil dalam 1 thn. Berarti dia menjual 3-4 mobil sehari dengan asumsi sabtu minggu nga libur. Wowww kok bisa? Nah menarik kan? Salah satu yang dia lakukan adalah dia merekrut asisten untuk membantu dia mengerjakan pekerjaan admin dari komisi dia. Dia sadar dengan merekrut orang membantu dia maka dia bisa lebih fokus kepada jualan. Dan rumus pareto lagi-lagi membantu dia untuk mencapai impiannya. Jadi buat anda yang bekerja diperusahaan jangan minta perusahaan yang merekrut buat anda. Anda sendiri yang harus mengeluarkan dari kantong anda. Training mental anda dan training attitude anda untuk mencapainya. Nanti saya akan kupas tips-tips jualan ala Joe Girard.

Seorang sales harus mempunyai mental baja dan training diri anda untuk mencapai kedisiplinan untuk melakukannya dan training diri anda bukan hanya skill sales dan training fokus anda. Cukup dulu sampai sini dari dapur training sales dan pelatihan sales dan bila anda suka dengan tulisan-tulisan saya, silahkan anda share kepada teman-teman anda agar merekapun bisa men training dirinya dan mentalnya sebagai sales terbaik

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh: Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *