Dapur Training Sales : Berjualan dengan penawaran yang tak dapat ditolak

Semangat pagi, melanjutkan kemaren berjualan dengan AIDA dan sekarang dapur training – training sales dan pelatihan – pelatihan sales melengkapinya dengan teknik berjualan dengan Irresistible Offer. Teknik ini diperkenalkan dalam pelatihan yang diberikan Mark Joyner salah seorang Top Marketer dunia. Dan di Indonesia diperkenalkan oleh salah satu Top Motivator kebanggaan Indonesia dalam pelatihan – pelatihan yang beliau adakan yaitu pak Tung Desem Waringin dengan nama USP. Dimana saya juga sempat mencicipi ilmu beliau dan menjadi salah satu Trainer Firewalking lulusan beliau juga.

Dalam dunia sales & marketing khususnya di pelatihan – pelatihan istilah USP sangat terkenal sebagai unique selling preposition dimana setiap produk & jasa mempunyai keunikan apa dibanding yang dengan yang lain. Bila yang dijual tidak berbeda dengan yang lain maka customer akan bingung kenapa saya harus membeli produk atau jasa yang ditawarkan oleh sales itu. Tugas di teknik USP ini adalah bagaimana men training pikiran customer bahwa produk kita berbeda. Atau istilah lainnya didunia sales & marketing adalah differensiasi yang juga diperkenalkan oleh pakar Marketing Indonesia yang juga membuka lembaga pelatihan yang terkenal hingga mancanegara Pa Hermawan Kertajaya.

Nah yang saya mau bahas bukanlah tentang USP nya unique selling preposition. Tapi yang mau saya bahas yang bisa membantu sales & marketing berjualannya bisa lebih baik adalah dengan teknik USP yang berbeda. Apa itu? Siap men training diri anda dengan ilmu dan pengetahuan yang baru?

U adalah Ultimate Advantage, sales & marketer membuat apa keunggulan produk atau jasa anda dibanding yang lain. Kalau anda menawarkan hal yang sama maka hal itu sudah tidak menarik lagi. Dimana keunggulan ini bisa jadi seakan-akan hanya anda sendiri yang mempunyainya. Saya ambil contoh bila di dunia training. Bila semua mengajar perusahaan dan tekniknya sama dan tidak ada keunggulan apapun maka anda dianggap sama oleh yang lain. Bila sama dengan yang lain maka si sales akan mengalami kesulitan menjual apa kelebihan training yang dimiliki si trainer tersebut. Dan ujung – ujungnya harga jual materi training dan si trainer tersebut menjadi sangat murah. Karena sudah tidak ada keunggulan ya akhirnya banting – banting harga saja. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya ada lembaga belajar bahasa inggris yang mengkhususkan orang – orang bisnis yang tidak punya waktu untuk menghadiri dikelas. Dan saya penasaran, bagaimana cara prosedur belajarnya sehingga bisa mengklaim hal tersebut? Ketika saya datang ke sana, ternyata metode yang ditawarkannya adalah tidak perlu datang ke kelas. Anda cukup menelpon mereka. Dan mereka akan membantu anda untuk bisa bercakap – cakap mengunakan bahasa inggris dengan tutornya. Bahkan bila anda mau diskusi dengan tutornya maka bisa ada pertemuan diruangan khusus dengan tutornya. Saya akui ini sangat – sangat membantu orang yang sibuk khususnya untuk saya yang environment saya bukanlah lingkungan dengan bahasa inggris sehingga saya tidak dapat men training conversation saya. This is Good Idea. Saya tidak akan membahas khusus hari ini dan nanti ditulisan saya berikutnya saya akan menunjukan kepada anda gabungan AIDA dan USP ini.

Sensational Offer adalah seorang sales & marketer harus memberikan penawaran yang sangat sensasional. Dimana penawaran anda sangat bertubi – tubi manfaat yang diberikan. Dan manfaat tersebut dapat dirasakan langsung oleh pemakai. Hal ini saya pernah lakukan disalah satu training saya Invisible Influence versi 1.0 dan trainingnya 1 hari dan saya jual dengan harga dibawah 2 juta rupiah dengan memberikan ultimate advantage bisa mempengaruhi orang lain tanpa mereka sadari dan mereka mau melakukan secara sukarela apapun yang anda perintahkan kepada orang itu. Dan saya berikan juga harga yang Fantastis serta berbagai bonus yang bila ditotal bonusnya sudah melebihi dari harga yang ditawarkan. Menariknya ketika training yang dikhususkan untuk sales & marketing tersebut hanya dalam tempo 1,5 hari sejak diluncurkan iklannya dengan broadcast via blackberry, peserta sudah full booked capacity. Woww, saya juga kaget ketika meluncurkan itu pertama kali. Wah bisa juga ya. Nah, bagaimana dengan pengalaman saya dengan kursus bahasa inggris untuk orang yang sibuk yang sudah saya jelaskan dibagian atas? Yes, dia juga menawarkan sensational offer dengan sebelumnya dia mematok harga tertentu dan sales nya membuat saya overwhelming memberikan penurunan harga beserta memberikan paket buku yang banyak dan dengan jam training yang bisa digunakan selama 14 bulan baik menelpon langsung dan juga memakai pertemuan one on one dengan jam dari pagi hingga jam 20.00 plus belajarnya bisa 10 menit – 1 jam. Terserah anda. Belum lagi diberikan buku – buku yang sangat banyak menurut saya. Dan ketika saya agak keberatan, salesnya memberikan penawaran lain lagi yang tidak dapat saya tolak. Woww, luar biasa teknik sales & marketingnya. Tulisan saya besok akan membahas penggabungan AIDA dan USP. Pintar dan cerdas!

Powerful promise digunakan oleh Sales & marketing untuk men training pikiran prospek untuk merasa bahwa mereka memberikan janji yang sangat luar biasa. Bahkan tidak akan rugi bila mengambil dengan perusahaan yang menawarkan. Bisa berupa apa? Garansi uang kembali. Bisa berupa garansi belajar sampai bisa. Dan ini janji yang membuat seseorang semakin sulit menolak. Bahkan saya pernah dalam dunia training hanya mengatakan kata “garansi” tanpa menyebutkan garansinya apa eh kok juga berefek ya? Saya menyadari bahwa kata garansi ternyata termasuk sebagai 32 kata yang menjual. Hebat ya! Dan bagaimana dengan lembaga pembelajaran bahasa inggris tadi? Yes dia memberikan powerful promise yang sangat-sangat tidak bisa saya tolak. Apa itu? Nah besok baru saya bahas secara khusus ya.

Bagi anda yang belum membaca tulisan saya mengenai AIDA maka saya sarankan anda membaca dahulu ya. Biar paham bagaimana mengkombinasikannya. Ini linknya http://antoniusarif.com/dapur-training-sales-berjualan-dengan-aida/

Dapur training sales & pelatihan – pelatihan sales dari saya Antonius Arif cukup dulu sampai sini, sampai jumpa ditulisan saya berikutnya. Saya yakin ilmu yang saya berikan  dalam tulisan ini pasti membuat anda bergerak lebih baik, hmm bagaimana ya bila langsung mengikuti pelatihan – pelatihan dan training yang saya adakan langsung ya! Pasti hasilnya jauh berbeda ya! Selamat melakukan training kepada diri anda!

Salam performance

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan-rekan Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 4 =