Dapur Pelatihan Sales : TUBUH ANDA SENJATA ANDA

Halo teman-teman tercinta, hari ini saya akan sharingkan dari Dapur Pelatihan Sales & Negotiation ( training sales & negotiation ) mengenai efek body language dan hand gesture pada penjualan atau mempersuasi orang. Dalam kelas Neuro Linguistic Programming ( NLP ) yang saya adakan sebagai Licensed Trainer of NLP approved langsung dari pencipta NLP Dr Richard Bandler mengatakan bahwa Tubuh dan Pikiran satu sistem. Dimana apa yang anda lakukan kepada tubuh anda akan mempengaruhi pikiran anda. Begitu juga sebaliknya. Bagaimana bila anda berpikir sesuatu maka tubuh anda akan bereaksi yang sama dengan apa yang anda pikirkan.

Saya berikan contoh: ketika anda berpikir hal sesuatu yang sedih maka tubuh anda akan menunduk dan posisi tubuh anda tertutup. Sedangkan kalau anda berpikir hal sesuatu yang membahagiakan maka tubuh anda akan tegak dan pandangan anda akan menatap ke arah atas dan tersenyum. Dan sebaliknya. Bila anda sedih lalu anda tegakan tubuh anda serta menatap ke atas dan anda pura-pura tersenyum maka pikiran sedih tadi perlahan-lahan tapi pasti dan emosi negatif tadi langsunf hilang. Wowww magical sekali ya. Yes! It work. Coba deh anda lakukan.

Anthony Robbins seorang Top motivator dunia sera beliau belajar NLP langsung dengan penciptanya dalam seminar-seminar yang beliau adakan, beliau sering sekali mengajarkan hal ini. Bahkan beliau setiap pelatihannya kita bisa diminta oleh beliau untuk loncat-loncat saat saat tertentu. Karena beliau tahu pasti dengan konsep diatas maka kita dari down bisa segera semangat dan naik ke atas. Beliau sering mengatakan bila anda lagi down atau lagi muncul pikiran negatif supaya anda tetap bisa beraktivitas maka disarankan untuk berdiri dan menegakkan tubuh anda serta kepala ditengadahkan ke atas lalu tangan direntang selebar-lebarnya. Dan diminta melakukan itu selama 2-3 menit. Menariknya setelah itu emosi negatif yang ada dipikiran akan hilang dengan sendirinya. Kenapa seperti itu? Karena manusia tidak akan bisa berpikir jernih ketika dia lagi down atau terbersit pikiran negatif. Ide akan muncul bila kita berpikir positif.

Dalam pelatihan sales & negosiasi saya sering melakukan sebuah demonstrasi dimana saya minta ada satu orang maju ke depan dan orang tersebut saya minta untuk mengatakan kepada dirinya “orang itu tidak mau beli dari saya” dan kemudian saya minta dia melakukan demo menjual kepada saya dan saya selalu mendemokan menolak dia. Dan biasanya mereka langsung menyerah. Ketika saya minta peragakan lagi dengan saya minta dia mengulangi kata-kata saya “ semua orang yang ketemu dengan saya, percaya dengan saya”, menariknya ketika saya minta dia menjual kepada saya dan saya menolaknya, dia lebih gigih jualananya. Dan ketika saya minta orang tersebut menganti katanya ,”Tuhan memberkati saya dan membuat orang ngomong tidak menjadi Iya”, ketika mereka melakukannya dan menariknya walau saya tolak dia dalam demonstrasi dikelas pelatihan sales eh orang tersebut lebih gigih lagi dalam jualan. Nah ini yang disebut Frame dalam NLP. Kok bisa begitu ya? Masih ingat, apa yang anda pikirkan akan bereaksi kepada seluruh tubuh anda dalam berjualan. Menarikkan?

Dalam demonstrasi yang lain, saya biasanya meminta satu peserta dari kelas Pelatihan sales yang saya adakan untuk duduk dan didepannya ada meja. Saya meminta orang tersebut untuk jualan kepada saya tetapi tangannya dibawah meja. Menariknya setiap dia melakukan demo jualan intonasinya cenderung standar dan rendah. Ketika saya memintanya untuk tangan naik diatas meja dan tidak boleh bergerak, intonasinya cenderung lebih tinggi. Sedangkan ketika saya meminta untuk dia mengerakan tangan saat berbicara, intonasi dan nada suaranya menjadi lebih bersemangat. Wowww, kok bisa berbeda ya. Yes, ini adalah salah satu penjelasan tentang pikiran dan tubuh satu sistem. Jadi saran saya berhati-hatilah dalam menggunakan tubuh anda. Dan apalagi dalam tulisan saya sebelumnya bahwa emosi yang kita munculkan saat jualan dan saat bertemu dengan orang lain akan menular. Bila anda lemas maka orang didepan anda juga akan lemas dan sebaliknya begitu anda semangat maka orang didepan anda akan semangat.

Semua kembali kepada anda, anda mau memunculkan sebagai penjual seperti apa?

Inilah rahasia dari Dapur Pelatihan Sales dari saya Antonius Arif

“Your Achievement is Our Mission”

Oleh Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing and tagged , , , .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *