Dapur Pelatihan Sales : Closing Signal

Halo teman-teman berjumpa lagi dengan Dapur Pelatihan Sales ( Training Sales ) dengan saya coach Antonius Arif kali ini saya akan buka dengan topik Closing Signal. Ini adalah topik yang selalu jadi favorit para sales agar tahu kapan saatnya melakukan closing. Kali ini saya buka teknik yang diajarkan oleh Zig Ziglar seorang pakar sales dan praktisi puluhan tahun dan juga saya pernah belajar dan menjadi salah satu Apprentice beliau di Indonesia. Sebelum anda melakukan trial closing, anda harus mengetahui non verbal communication yang terjadi kepada prospek ketika kita berjualan dengannya. Ada riset yang dilakukan oleh Dr Albert Mehrabian, UCLA mengatakan bahwa kata-kata hanya berefek 7 persen saat melakukan komunikasi kepada prospek. Dan 38 persen tonality pada suara anda bisa mempengaruhi orang yang diajak bicara. Disini berarti intonasi, penekanan, analogue marking dalam NLP serta Juicy word berpengaruh kepada orangnya dan 55 persen adalah dari non verbalnya yaitu gerakan tubuh, gerakan tangan, mata dan lain sebagainya sangat berpengaruh. Bila anda baca tulisan saya sebelumnya, saya sudah menuliskan hal ini. Bila anda menguasai minimal non verbal komunikasi saja, maka anda sudah hampir menguasai setengahnya. Tinggal ditambah tonality maka hasil akan jauh berpengaruh.

Dalam dapur pelatihan sales kali ini, saya akan membuka teknik CHEF yang selalu dipakai Zig Ziglar untuk mengetahui apakah ini sudah saat yang tepat untuk menutup penjualan ( closing sales ) atau tidak. Sekarang saya bahas lebih dalam.

C dari CHEF teknik adalah kepanjangan dari Chin atau Cheek ( dagu dan pipi ). Katakan saja bahwa customer duduk dihadapan anda dan ketika dia mendengar selama presentasi anda, dia memegang dagu dan pipi mereka. Ini menunjukan dan mengirimkan signal bahwa mereka “puas” dengan penjelasan anda. Dan masuk akal menurut mereka. Ini sudah merupakan kabar bagus bahwa solusi yang anda tawarkan kepada mereka itu sudah masuk akal buat mereka.

H dari CHEF teknik artinya hand ( tangan ) mereka. Ketika anda menjelaskan dan tangan prospek terbuka apalagi anda melihat tangan dia terbuka ke atas artinya positif closing signal. Apalagi bila mereka mengosok tangan mereka satu sama lain ini artinya bahwa mereka telah merasa memiliki jasa atau barang yang anda tawarkan. Nah ini saatnya anda bisa melakukan trial closing. Seru ya!

E dari CHEF teknik artinya eyes ( mata ) ketika anda menjelaskan kepada mereka dan pupil mata mereka membesar artinya mereka mulai rileks yang artinya saya suka dengan idenya.

Dan terakhir F dari CHEF adalah kepanjangan dari Friendly atau bersahabat. Dimana ketika prospek sudah mulai bercanda dengan anda itu artinya es telah mencair. Dan disini sudah terlihat sudah saatnya anda melakukan closing sales ( menutup penjualan )

Apakah cukup itu saja? Tidak! Ada beberaa lagi yang sering jadi patokan saya pribadi saat berjualan. Bila mereka sudah mulai bertanya prosedur pembayaran, sudah bertanya term payment ini juga sudah tanda- tanda sebentar lagi akan closing. Dan saat mereka sudah bertanya seperti itu, anda tidak perlu bahas fitur produk atau jasa yang anda jual. Nanti akan kembali menjadi mentah kembali. Seorang penjual yang baik akan mampu menahan diri untuk menjelaskan lebih dalam lagi.

Seorang penjual harus tahu kapan saatnya anda melakukan trial closing. Perhatikan non verbal cue yang mereka munculkan. Dengan cara dan teknik yang tepat akan membuat anda menjadi master closing yang hebat. Bila kata-kata yang diucapkan bertentangan dengan body signal yang disampaikan, saran Zig Ziglar percayai non verbalnya. Karena tubuh tidak bisa berbohong tetapi kata-kata tentunya bisa mereka bohongi.

Ini adalah rahasia Dapur Pelatihan sales ( training sales ) yang saya berikan untuk anda. Selamat berlatih dan buat diri anda menjadi dahsyat dalam berjualan.

Salam performance

“Your achievement is Our Mission”

Oleh : Antonius Arif

Antonius Arif

Seorang praktisi berpengalaman lebih dari 20 tahun dari level Salesman hingga
Sales Director yang berprestasi hingga mendapatkan Penghargaan Nasional &
Asia Tenggara, dan juga penulis lebih dari 13 buku Best Seller serta
salah satu Licensed Trainer of NLP yang diakui langsung oleh Father of NLP Dr Richard Bandler. Saat ini menjadi Pelatih dan Trainer Sales & Personal Development yang banyak membantu perusahaan dan individu untuk mencapai target mereka.

Untuk mengundang Coach Arif sebagai Learning Partner di perusahaan Anda,
silahkan menghubungi contact person ( Anna – 0813-1790-7001 )

Silahkan share atau bagikan artikel ini supaya manfaatnya sampai ke rekan sejawat Anda.

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *