BAMBU DAN KEHIDUPAN

Ketika menyiapkan sebuah materi untuk saya delivery kepada 300 orang beberapa waktu yang lalu. Saya lagi menyiapkan cerita penutup agar seminar motivasi dengan pendekatan law of attraction tersebut berkesan sehingga teman – teman pembelajar mendapatkan manfaatnya .

Ada suatu hal yang menarik tentang cerita penutup yang saya siapkan dalam seminar motivasi tersebut. Saya mendapatkan cerita tentang pohon bambu.

 

seminar motivasi

Bambu ternyata bila ditanam tidak langsung tumbuh. Bàmbu ketika ditanam membutuhkan waktu 5 thn baru tumbuh tunas.

Bambu perlu terkena matahari dan perlu dirawat baik dg penanamnya atau alam yang akan melakukan merawatnya. Dan menariknya begitu sdh 5 thn dirawat maka keluarlah tunasnya. Dan yang menariknya dari tunas hingga tumbuh menjadi 27 meter tingginya bisa terjadi dalam waktu 9 minggu.

Saya terkaget- kaget, benarkah 9 minggu bisa 27 meter? Ternyata di wikipedia dlm 24 jam bisa naik tingginya 1 meter? What? Cepet amat.

Saya terkaget-kaget! kok nanamnya lama tetapi tumbuhnya cepat sekali begitu sdh keluar tunasnya. Wah cerita ini saya pikir menarik untuk dibawakan sebagai penutup seminar motivasi yang akan saya bawakan. Akhirnya saya juga menyadari ternyata terjadi hal yang sama dalam bisnis saya tetapi tidak saya sadari.

Ternyata salah satu pekerjaan saya di youtube juga seperti itu dalam memberikan motivasi dan inspirasi dalam bentuk seminar kecil di youtube.

Untuk beberapa waktu yang lalu saya mau mencapai 1000 subscriber itu tidak mudah. Saya memulai serius di youtube tgl 9 januari 2018 dan untuk mencapai 1000  subscriber tgl 3 september 2018. Dan saya terkaget2, ternyata teori pertumbuhan bambu terjadi juga kepada saya.

Per tanggal 23 september 2018, pertumbuhan subscriber saya sudah menjadi 1505 subscriber. Jadi hanya 20 hari sudah bertambah 500 subscriber. Berarti untuk dpt 2000 subscriber atau pertambahan 1000 ada kemungkinan bisa terjadi dalam 20-30 hari ke depan. Paling tidak tanggal 30 oktober 2018 sudah terjadi 2000 subscriber dalam seminar motivasi di youtube.

 
Yang artinya pertumbuhan bisa cepat sekali dibandingkan waktu menanamnya.
 
Pembelajaran apa yang saya dapatkan dari kisah bambu jni. Banyak orang yang tidak sabar menjalankan prosesnya. Begitu tidak berhasil, berhenti bertumbuh dan tidak terus mau menyiram, memberi pupuk, mengevaluasi nya. Itu sama spt tidak melakukan aktivitas, tidak menjalankan aktivitas dan tidak mengevaluasi perjalanannya. Maka wajar hasilnya tidak akan sesuai.

Tanam, bersabar dan tetap tumbuh. Itu pembelajaran yang penting yang bisa didapat dari pertumbuhan bambu dan bisa menginspirasi dalam seminar motivasi yang saya bawakan.

Bagi anda yang belum tahu channel youtube saya dan mau dapat manfaat bisa subscribe juga dan menonton di

 
Teknik handling objection
 
Leadership mengatasi team yang tidak melakukan tugasnya
 
 
Semoga mendapat manfaat dengan tulisan saya ini.
Posted in Artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × one =