5 Tahap Melakukan Penjualan Yang Tepat

Setelah melakukan produksi tentunya aktivitas yang akan Anda lakukan adalah menjual hasil produksi ke pasar konsumen. Untuk melakukan penjualan tentunya diperlukan langkah yang tepat agar penjualan dapat diterima pasar dengan baik. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan penjualan tersebut.

  1. Persiapan pra penjualan

Pada tahapan pertama ini, Anda dituntut untuk mempersiapkan tenaga penjualan yang akan membantu memasarkan produk. Setelah mendapatkan tenaga tersebut Anda tidak bisa langsung melakukan penjualan, perlu adanya briefing demi kelancaran penjualan. Sebaiknya lakukan pemberian informasi lengkap mengenai produk yang akan dijual, berikan gambaran mengenai pasar yang akan ditemui, serta tak lupa teknik penjualan yang akan Anda terapkan.

  1. Penentuan lokasi pembeli potensial

Setelah memiliki tenaga kerja untuk penjualan, Anda dapat melangkah ke tahap kedua yaitu menentukan lokasi berupa segmen pasar yang menjadi sasaran utama. Penentuan lokasi ini bertujuan untuk mempermudah Anda menyusun daftar calon pembeli ataupun pembeli yang berpotensi besar.

  1. Pendekatan pendahuluan

Sebelum Anda terjun langsung ke lapangan bertemu dengan calon konsumen lakukan pendekatan pendahuluan. Sebagai seorang penjual Anda harus mampu memprediksi masalah yang mungkin terjadi. Pelajari masalah-masalah yang mungkin terjadi pada konsumen Anda, kemudian carilah jalan keluar untuk mengatasinya. Di samping itu, seorang penjual juga harus mengetahui mengenai produk apa saja yang sedang beredar dan digunakan konsumen, tentunya produk yang sama dengan yang Anda jual. Produk ini akan menjadi pesaing utama ketika Anda memasuki pasar. Setelah mengetahui merk tertentu, pelajari reaksi yang muncul pada konsumen ketika Anda memasukkan produk baru. Mempelajari reaksi ini dapat dilakukan dengan melihat tentang kebiasaan membeli konsumen, kesukaan dan kegemaran konsumen.

  1. Operasi pasar

Tahap ini merupakan tahapan inti dalam memasarkan produk. Penting sekali untuk melakukan kiat-kiat agar konsumen terpikat dengan produk Anda. usahakan juga Anda telah mempelajari apa yang menjadi daya tarik produk produk terhadap masyarakat sehingga pada akhirnya pembeli memakai produk Anda.

  1. Pelayanan setelah membeli (purna jual)

Jangan berfikir setelah Anda menjual produk semuanya selesai. Pelayanan setelah membeli perlu Anda lakukan untuk mengikat konsumen agar di kemudian harinya tetap memakai produk Anda. pelayanan purna jual dapat dilakukan melalui berbagai hal, dapat dengan memberikan barang tahan lama sebagai hadiah (missal: tv, lemari es, handphone, kendaraan bermotor) atau dengan pelayanan purna seperti garansi, reparasi, dan antar barang.

Sehingga sebagai seorang wiraniaga selain memperhatikan kelima langkah diatas, Anda juga perlu memperhatikan tahap demi tahap seperti prospecting, perencanaan pra penjualan, presentasi produk dan penjualan, memiliki solusi untuk keberatan prospek, dan menutup penjualan.

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + thirteen =