5 Langkah Agar Jualan Pasti Laku

Teknik penjualan adalah langkah-langka atau cara-cara yang dilakukan oleh seorang penjual untuk mendapatkan konsumen. setelah mendapatkan konsumen penjual akan melakukan interaksi sehingga produknya dapat dibeli. Berikut merupakan lima langkah yang dapat Anda lakukan sebagai seorang penjual dalam teknik penjualan yang baik dan benar.

  1. Mulailah dengan menentukan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen

Langkah pertama yang harus Anda lakukan agar mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen adalah dengan melakukan pengamatan atau penelitian yang sederhana. Anda dapat mengamati dalam lingkup pasar yang nantinya akan dimasuki. Mulailah untuk mempelajari gerak-gerik dari konsumen Anda, lihat apa saja yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, prediksi berapa jumlah yang diperlukan, mana saja yang membutuhkan produk tersebut, jangka waktu yang diperlukan konsumen untuk mendapatkan produk tersebut.

  1. Pilah pasar sasaran secara khusus

Agar tepat sasaran, Anda juga harus pandai dalam memilih pasar yang akan dimasuki. Berikut adalah tiga jenis pasar yang dapat Anda sesuaikan dengan produk yang akan dijual.

  • Pasar individual, merupakan pasar yang dituntut untuk memberikan layanan pada tiap individu tertentu agar dapat memenuhi kebutuhan secara individual. Bagi Anda pemilik usaha kecil, rumahan, dan menengah tipe pasar seperti ini sangat cocok untuk dimasuki.
  • Pasar khusus, merupakan suatu pasar yang ditujukan untuk memberikan layanan khusus bagi konsumen tertentu. Pasar ini biasanya dibagi menurut kebutuhan seperti petani, pegawai negeri, pedagang dan lain sebagainya. Jenis pasar khusus ini juga sangat cocok untuk pemilik usaha kecil. Dengan memilih salah satu pasar khusus ini, Anda akan lebih terfokus pada satu target saja, dan dapat mengembangkan produk lebih baik lagi.
  • Pasar tersegmentasi, merupakan sebuah pasar yang memberikan pelayanan kepada pelanggan tertentu dan bagi konsumen tertentu pula. Umumnya pasar ini mengarah ke kelas dengan pendapatan rendah. Konsumennya juga dikelompokkan berdasarkan geografisnya yaitu desa dan kota, demografisnya yaitu jenis kelamin, pendapatan, usia, atau tingkat pendidikan, serta berdasarkan strata sosial, gaya hidup, dan faktor perilaku.
  1. Menetapkan posisi pasar

Langkah selanjutnya adalah menentukan segmentasi pasar, perusahaan sebaiknya menentukan posisi yang akan digelutinya. Caranya adalah dengan menyusun produk dengan tempat yang jelas dan kekhasan agar mampu menimbulkan rasa ingin membeli produk Anda dibanding produk lain.

  1. Memiliki strategi penjualan dalam persaingan

Hal mutlak yang harus Anda miliki adalah strategi karena tanpa strategi yang jelas Anda hanya akan terombang ambing dengan pasar yang selalu berubah-ubah. Strategi meliputi penawaran produk, harga, metode promosi, dan sistem distribusi.

  1. Memilih strategi penjualan paling tepat

Setelah Anda melakukan keempat langkah diatas, segera tetapkan pasar yang akan Anda masuki.

Posted in Artikel, Sales & Marketing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 10 =