3 Kategori Pemimpin yang Jago Mengembangkan Bisnis

Peran leader atau pemimpin dalam bisnis sangat penting dan tidak tergantikan. Banyak hal yang harus dicapai oleh seorang pemimpin bisnis, mulai dari hubungan kenyamanan dengan karwayan, membangun kerja sama yang baik, menjaga hubungan tim, hingga meraih target perusahaan.

Agar perusahaan bisa berjalan dengan baik, tentunya pemimpin harus melakukan keseimbangan dalam setiap pekerjaan dan perannya membawa perusahaan ke arah kesuksesan. Berdasarkan peran yang dijalaninya, pemimpin bisnis bisa dikategorikan menjadi 3 katergori tersebut diantaranya :

1. Mengenal Interpersonal Roles

Kategori pemimpin dengan interpersonal roles adalah yang memiliki 3 peran utama. Yaitu berperan sebagai figur utama organisasi pada setiap kegiatan perusahaan yang formal maupun simbolik. Dikenal pula dengan istilah figurehead role. Kedua, berperan sebagai pemimpin yang mengefektifkan fungsional perusahaan (leader role). Ketiga sebagai pemimpin yang menjalin relasi bisnis pada berbagaipihak (liaison role).

Ketiganya memegang peranan penting agar menjadikan kepemimpinan bisnis berjalan efektfif. Meski kadang tidak harus satu pemimpin menguasai ketiganya, ada kalanya wakil atau pelaksana pemimpin bisnis yang membantu menggantikan perannya.

2. Mengenal Informational Roles

Sebagai informational roles, pemimpin harus jeli melihat informasi dari luar. Baik informasi yang membangun atau mengancam eksistensi bisnis anda. Selain itu bagian dari information roles lainnya adalah desseminator role yaitu pemimpin harus mampu melihat kelemahan dan kekuatan dari internal perusahaan. Sehingga dia bisa melihat peluang untuk mengoptimalkan kemampuan tim bisnisnya.

Bagian ketiga adalah spokesperson role yaitu menjadi informan yang akan dikenal oleh konsumen, masyarakat, pemerintah, client bisnis dan lainnya. Sehingga dia akan berperan ketika menggantikan posisi perusahaan di tempat lain pada acara atau peringatan tertentu.

3. Mengenal Decisional Roles

Pemimpin bisnis sangat membutuhkan decisional roles yang handal agar bisa mengambil keputusan yang terbaik di waktu yang tepat. Pada posisi ini, pemimpin akan dihadapkan dengan empat peranan penting yaitu :

  1. Entrepreneur role. Sebagai pemimpin bisnis harus berjiwa entrepreneurship dengan pemahaman peluang dan eksekutor yang baik.
  2. Disturbance role. Kemampuan pemimpin yang satu ini adalah untuk mengatasi permasalahan perusahaan dari dalam maupun luar perusahaan. Sehingga bisa memastikan kinerja perusahaan tetap berjalan dengan baik.
  3. Resource allocator role. Sebagai pemimpin perusahaan anda harus jeli memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya. Pemanfaatan maksimal untuk meningkatkan potensi revenue yang terbaik.
  4. Negosiator. Negosiasi bisnis menjadi kemampuan wajib setiap pemimpin perusahaan. Baik untuk skala internal atau eksternal untuk memperoleh keputusan terbaik yang saling menguntungkan.

Agar kinerja bisnis berjalan dengan optimal dan hasil terbaik, maka pemimpin bisnis wajib melakukan berbagai pendekatan seperti cara di atas. Selain pemimpin, semua elemen bisnis juga harus mendukung karena pemimpin tanpa anggota dan tim yang solid tidak akan memberikan hasil terbaik.

Posted in Artikel, Leadership.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + nineteen =