10 Langkah Membentuk Jiwa Kepemimpinan

Jiwa kepemimpinan dapat berkembang bila dibarengi dengan kemauan dan niat Anda. perkembangan ini sangat dituntut untuk membuat suatu organisasi yang dipimpin juga berkembang. Pemimpin tanpa jiwa yang mau untuk berkembang maka akan menghambat kemajuan orang-orang dibawahnya. Anda harus mau dan mampu mengalahkan godaan untuk berada di zona nyaman, karena jika Anda terus menerus berada di zona nyaman ketertinggalan dengan persaingan di dunia luar akan semakin cepat terjadi. Dunia selalu berkembang, maka untuk menjadi pemimpin yang mampu menggenggam dunia Anda juga harus berkembang lebih cepat dari perkembangan dunia.

Untuk meningkatkan jiwa-jiwa kepemimpinan Anda dapat mengikuti 10 langkah dibawah ini :

  1. Bagi sebagian orang berbicara merupakan hal yang sulit dilakukan. Orang yang memiliki keterbatasan dalam mengungkapkan idea tau masalahnya akan sulit memupuk jiwa kepemimpinan. Maka dari itu, untuk mampu berbicara Anda harus cukup percaya diri. Jangan biarkan diri Anda berada pada zona bullying karena kemampuan berbicara yang kurang.
  2. Mencegah masuknya pengaruh politik dalam tim. Berusahalah menguatkan iman Anda agar tidak masuk kedalam urusan politik, karena sekali Anda terperangkap boomerang akan siap meledak pada waktunya.
  3. Pupuk keberanian Anda. menjadi pemimpin berarti berani mengambil tindakan. Ketika menjadi pemimpin Anda harus siap mendapatkan masalah, dan bila Anda tidak memiliki cukup keberanian untuk mengurai masalah tersebut maka akan menimbulkan masalah baru. Berusahalah mengeluarkan ide, aspirasi, dan solusi dari masalah yang ada.
  4. Perkaya informasi. Apabila Anda memiliki banyak informasi maka suatu keberuntungan karena akan mengetahui detail permasalahan yang ada. Penting untuk mengetahui masalah dan perkembangan tim Anda. informasi merupakan teman yang tepat untuk menentukan strategi dan solusi yang akan dipergunakan dalam tim Anda.
  5. Siapkan “senjata” untuk masa depan. Senjata berupa rencana-rencana yang akan Anda lakukan ketika masalah muncul. Walaupun memiliki perencanaan yang matang sebaiknya Anda tetap bersikap terbuka dengan ide dan gagasan yang akan muncul dari anggota.
  6. Minimalisasi adanya gossip dalam tim. Sikap tegas perlu dibentuk untuk mencegah beredarnya gossip yang dapat melunturkan kesolidan tim Anda. upayakan untuk selalu bersikap positif dan mengambil keputusan setelah melakukan diskusi atau sosialisasi di tim.
  7. Ingat nilai utama dari organisasi. Target utama yang akan dicapai harus diberitahukan dalam satu sudut pandang yang sama di tim Anda. perkuat dan pertahankan nilai-nilai kekeluargaan dan keprofesionalan di tim Anda.
  8. Beri perhatian yang sama pada anggota Anda agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar anggota. Kecemburuan ini dapat berdampak negative.
  9. Reward untuk anggota terbaik. Reward merupakan salah satu motivasi yang ampuh untuk meningkatkan kinerja tim Anda.
  10. Berani bersikap beda. Pendapat berbeda akan dilandasi kreatifitas. Biarkan hal ini terjadi asalkan masih dalam koridor yang disepakati.
Posted in Artikel, Leadership.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − twelve =